JELANG PEMILU, DEWAN MINTA SATGAS KEAMANAN DESA IKUT JAGA KONDUSIFITAS WILAYAH

 

Sumber: Semeru FM

Satgas Keamanan Desa (SKD) dibentuk untuk menciptakan situasi masyarakat yang kondusif, agar pemerintah daerah dan seluruh perangkat pemerintahan daerah, bisa melaksanakan pembangunan dengan aman, lancar dan sukses, yang tujuannya adalah meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Menurut Wakil Ketua Komisi A Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Lumajang, Awaluddin Yusuf, bahwa SKD harus senantiasa menjaga persatuan dan kesatuan, serta kekompakan dan keamanan wilayahnya. Apalagi menjelang Pemilihan Umum (Pemilu) 14 Februari 2024 mendatang.
“Saya berharap peran SKD untuk menjaga kondusifitas wilayah menjelang pemilu lebih dioptimalkan,” ungkapnya, ketika menjadi narasumber di program Dewan Mendengar Radio Semeru FM, Rabu (1/11). Tema yang diusung adalah ‘Memaksimalkan Peran SKD di Tahun Politik’.
Menurutnya, para pengurus SKD merupakan garda terdepan penjaga kerukunan dan ketentraman masyarakat. Tanpa pengabdian dan keberadaan pengurus SKD, kerukunan dan ketentraman negara akan mudah terusik.
Sumber: Semeru FM

Ia menambahkan, bahwa menjelang pesta demokrasi yang semakin dekat, suhu politik dipastikan akan terus meningkat. Akibatnya, potensi ketegangan pun bertambah. Karena itu, perlu peran dan kesadaran masyarakat, khususnya SKD agar bisa menjaga kondusifitas lingkungan dengan baik dari berbagai gangguan terutama dari para pihak yang tidak bertanggungjawab.
Selain itu, pihaknya juga mengajak agar SKD mengutamakan pengabdian dan keikhlasan dalam menjalankan tugas yang diemban, meski kerja-kerja yang dilakukan sangat berat.
Ia menyebut masyarakat kerap menjadikan pengurus SKD sebagai tempat berkeluh kesah dan sasaran kesalahan. Walaupun mereka bukan yang melakukan maupun harus bertanggung jawab pada kondisi lingkungannya.
“Kita memang punya aparat keamanan, tetapi tanpa kehadiran SKD kita tidak akan pernah merasa tenang. Karena itu jangan pernah lelah untuk mengabdi, niatkanlah untuk ibadah,” harapnya.
Pada kesempatan itu, Awaluddin Yusuf juga meminta agar para SKD terus diberi bekal pemahaman cara menangani berbagai masalah yang ada di desa, dengan langkah tersebut kinerja SKD akan semakin profesional dan semakin disukai masyarakat.
Sumber: Semeru FM

“Selain sudah mendapatkan beberapa fasilitas seperti radio komunikasi atau HT, SKD juga butuh pelatihan, terutama dalam penanganan berbagai perkara yang ada di desa. Agar kinerja mereka semakin professional dan kondusifitas wilayah semakin terjamin,” pungkasnya. (YONI KRISTIONO)

Posting Komentar

0 Komentar