SEKRETARIS KOMISI A DPRD LUMAJANG, ZAENAL ABIDIN, SH: “GALI POTENSI KARAKTER DESA UNTUK MENINGKATKAN EKONOMI MASYARAKAT”

 

Sumber: Semeru FM

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Lumajang, meminta pemerintah di tingkat desa agar dapat menggali potensi karakter desa dengan baik, guna meningkatkan ekonomi masyarakat.

Pernyataan tersebut disampaikan Sekretaris Komisi A DPRD Kabupaten Lumajang, Zaenal Abidin, SH. Ketika menjadi narasumber di program Dewan Mendengar Radio Semeru FM, Selasa, 31 Oktober 2023, dengan tema ‘Karakter Desa (Kupas Tuntas Festival Banjir Tahu)’.
Ia mengatakan, setiap desa memiliki potensi atau karakter berbeda, ekonomi masyarakat dapat berkembang dengan mengelola potensi di desanya. Salah satunya menjadikan desa sebagai wahana rekreasi atau wisata desa dengan karakter yang dimilikinya.
“Gali potensi karakter di desa atau minimal di tingkat kecamatan, untuk meningkatkan ekonomi masyarakat,” ungkapnya.
Zaenal menjelaskan, saat ini banyak desa yang mampu meningkatkan ekonomi masyarakatnya dengan mengelola desanya menjadi desa wisata. Tentu, fakta itu harus menjadi semangat desa lainnya untuk aktif menggali potensi yaitu berupa karakter di setiap desa atau minimal di tingkat kecamatan.
“Kita ambil contoh di Desa Darungan, Kecamatan Yosowilangun, ada festival ketan, kemudian di Kecamatan Senduro, ada karakter desa yang cukup bagus dan terkenal yaitu pisang dan susu, baik itu susu kambing maupun susu sapinya. Sehingga ketika kita hendak mempromosikan maka jelas karakter desanya dan bisa kita jual sebagai potensi wisata,” tambahnya.
Sumber: Semeru FM

Karakter desa itu menurut Zaenal, tidak harus tentang kekayaan alamnya, melainkan bisa dikembangkan dari sektor budaya, kuliner dan potensi lainnya. Dengan demikian, setiap desa akan memiliki keunggulan berbeda dalam upaya menekan angka pengangguran.
“Kami berkeinginan bagaimana potensi karakter desa ini bisa dikelola dengan baik. Salah satunya, dengan pembentukan desa wisata. Sudah banyak desa-desa yang lebih sejahtera setelah berhasil mengelola potensi karakter desa yang dimilikinya,” jelasnya.
Ia menambahkan, semua potensi yang ada bisa dikembangkan secara maksimal, sehingga pada muaranya juga akan mendukung peningkatan pembangunan. Pihaknya juga meminta pemerintah desa mulai memiliki komitmen kuat memulihkan serta meningkatkan ekonomi masyarakat.
Potensi karakter desa sudah seharusnya menjadi sektor unggulan dalam meningkatkan perekonomian masyarakat desa. Paradigma pembangunan desa telah mengalami pergeseran yang sebelumnya fokus pada membangun desa, kini menjadi desa membangun.
“Langkah yang paling efektif adalah menggerakkan ekonomi di tingkat desa dengan menggali potensi yang ada. Semoga potensi karakter desa ini segera terwujud, sehingga perekonomian masyarakat semakin membaik,” tegasnya.
Pada kesempatan tersebut pihaknya juga memberikan contoh mudah terkait dengan karakter desa yang bisa digali dan dikembangkan, salah satunya kegiatan Festival Banjir Tahu yang ada di Desa Kunir Kidul, Kecamatan Kunir, festival tersebut kini menjadi agenda pariwisata untuk menarik wisatawan karena dikelola dan dikembangkan dengan baik.
Sumber: Semeru FM

Festival tersebut selain menjadi salah satu ajang unjuk potensi lokal, juga merupakan bagian dari rasa syukur masyarakat sebagai produsen tahu atas hasil dari produksi tahunya. Untuk itu pihaknya berharap kepada desa-desa lain yang ada di Kabupaten Lumajang, bisa memanfaatkan karakter desanya dengan baik, untuk dijadikan karakter desa yang bisa menarik perhatian masyarakat luas, sehingga berdampak baik bagi tingkat perekonomian desa itu sendiri. (YONI KRISTIONO)

Posting Komentar

0 Komentar