DEWAN MENILAI KARANG TARUNA ADALAH UJUNG TOMBAK PEMUDA UNTUK MEMAJUKAN WILAYAHNYA

 

Sumber: Semeru FM

Karang taruna dapat menjadi wadah untuk memupuk dan mempertahankan solidaritas masyarakat juga menjaga kearifan lokal masyarakat. Karang taruna membentuk karakter nasionalisme dalam jiwa anak muda. Akan tetapi, eksistensi karang taruna nampaknya semakin hari semakin redup, padahal banyak manfaat yang dapat diperoleh dari kegiatan karang karuna.

Seperti yang disampaikan Anggota Komisi A Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Lumajang, Hadi Nur Kiswanto, menurutnya, saat ini muncul kesan bahwa karang taruna merupakan wadah pemuda yang fokus pada kegiatan itu-itu saja, sehingga menjadi salah satu faktor penyebab rendahnya minat generasi muda terhadap pengembangan karang taruna.
“Pemuda yang ada di tingkat desa adalah ujung tombak untuk memajukan wilayahnya. Sehingga dengan wadah karang taruna mereka bisa menggali dan memaksimalkan potensinya,” ungkapnya, ketika menjadi narasumber di program Dewan Mendengar Radio Semeru FM, Sabtu (11/11). Tema yang diusung dalam dialog tersebut adalah ‘Karang Taruna dan Desa Wisata’.
Sumber: Semeru FM

Pihaknya berharap ke depan perlu adanya perubahan untuk memperkuat eksistensi karang taruna, agar tujuan dan fungsinya dapat tercapai secara maksimal. Eksistensi karang taruna menjadi penting, karena karang taruna dapat menjadi wadah bagi anak muda untuk mengabdi dan berkarya di tingkat desa atau kelurahan, karang taruna juga dapat membentuk karakter bangsa yang patriotis dan nasionalis.
Mengingat pentingnya fungsi dan tugas karang taruna, pemerintah di tingkat desa atau kelurahan harus lebih memperhatikan lagi keberadaan karang taruna. Sebab dengan adanya karang taruna akan mampu menggali potensi pemuda atau generasi muda dan kontrol sosial dengan optimal.
“Pemerintah dalam hal ini Organisasi Perangkat Daerah (OPD) harus bisa memperhatikan mereka. Namun yang sangat kami sayangkan, alasan anggaran selalu menjadi penghalang bagi para pemuda yang tergabung dalam karang taruna untuk mengembangkan potensinya,” keluhnya.
Padahal, karang taruna hanya butuh wadah agar mereka bisa mengembangkan kemampuannya dalam memajukan wilayahnya, Hadi Nur Kiswanto mencontohkan, karang taruna di Desa Karanganom, Kecamatan Pasrujambe misalnya, mereka saat ini sudah mempunyai usaha pengelolaan beras yang hanya dijual di lingkup Desa Karanganom itu sendiri. Potensi tersebut akan bisa berkembang pesat jika ada pendampingan maksimal dari pemerintah dalam hal ini OPD terkait.
Sumber: Semeru FM

Selain sebagai indikator keberhasilan suatu daerah dalam mengelola desanya, kinerja karang taruna merupakan salah satu parameter yang tidak bisa dipisahkan lagi untuk menilai keberhasilan pemerintah di tingkat desa atau kelurahan. Karena melihat peran pokok dari karang taruna yaitu secara bersama-sama dengan pemerintah untuk menyelenggarakan pembinaan generasi muda dan kesejahteraan sosial. (YONI KRISTIONO)

Posting Komentar

0 Komentar