SAMBUT BULAN BUNG KARNO, RADIO SEMERU FM GELAR LOMBA PIDATO UNTUK PELAJAR


Sumber: Semeru FM

Bulan Juni dikenal sebagai ‘Bulan Bung Karno’, sebab pada bulan Juni terdapat momen penting terkait Proklamator dan Presiden pertama Republik Indonesia tersebut. Karena pada tanggal 1 Juni 1901, Bung Karno lahir dan tanggal 1 Juni 1945, di depan siding Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPU-PKI), Bung Karno diminta pidato tentang dasar Negara.
Dalam pidatonya, Bung Karno menyampaikan gagasannya tentang Pancasila, BPU-PKI secara aklamasi bulat menyetujui gagasan Bung Karno tentang Pancasila ditetapkan sebagai dasar Negara Republik Indonesia. Kemudian tanggal 21 Juni 1971, Bung Karno wafat, Bung Karno wafat persis 15 hari setelah ulang tahunnya yang ke-69.
Melihat momen penting tersebut, Radio Semeru FM siap menggelar lomba pidato untuk pelajar SD/MI hingga SMA, SMK dan MA. Hal yang terpenting dalam lomba ini, agar generasi muda bisa memaknai Bulan Bung Karno dengan kegiatan yang positif, karena Bulan Bung Karno dapat dijadikan sebagai momentum penghormatan kepada para pendahulu pendiri Bangsa.
“Dengan adanya lomba pidato di Bulan Bung Karno, dapat meningkatkan pemahaman dan ajaran-ajaran Bapak Pendiri Bangsa kepada para generasi muda, khususnya di Kabupaten Lumajang,” ungkap Presiden Komisaris Radio Semeru FM Lumajang, Drs. H. Saiful Anam, M.Pd, Jum’at (26/5).

Sumber: Semeru FM

Politisi dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) Lumajang tersebut menambahkan, lomba pidato dibagi menjadi dua tahap. Tahap pertama ada babak penyisihan yang dilaksanakan pada tanggal 8-10 Juni 2023 kemudian tahap ke dua final yang berlangsung tanggal 12 Juni 2023, di Hall Radio Semeru FM, Jl Sultan Agung 25-27 Lumajang.
Pria yang murah senyum dan gemar bernyanyi karaoke ini menambahkan, untuk kategori SD/MI, ada beberapa pilihan tema yang bisa diambil, seperti Hormat Kepada Orang Tua dan Guru, Rajin Sholat Lima Waktu, Pentingnya Menuntut Ilmu, Bersih Itu Sehat, dan Cita-citaku. Kemudian kategori SMP/MTs dengan pilihan tema yang bisa diambil yakni Pancasila Jiwaku, Aku Anak Pramuka, Cinta Tanah Air, Aku Cinta Lumajang, dan Bersatu Kita Teguh Bercerai Kita Runtuh.
Sumber: Semeru FM

“Sementara pada tingkatan SMA, SMK dan MA, terdapat pilihan tema seperti Peran Pelajar Dalam Mengisi Kemerdekaan, Bijak Menggunakan Media Sosial, Penerapan Nilai-Nilai Pancasila, Sejarah Lahirnya Pancasila, dan Strategi Menguatkan Nilai Gotong Royong. Kemudian pada babak final semuanya harus menggunakan tema besar dengan judul Bung Karno Sang Proklamator,” jelasnya.
Untuk hadiah yang akan diperebutkan total mencapai Rp. 15 juta, dengan 10 finalis dari setiap kategorinya. Sementara itu untuk pendaftaran sendiri tidak dipungut biaya alias gratis. Bagi yang berminat dan ingin mengikuti kopetisi tersebut bisa langsung datang ke Radio Semeru FM, pada setiap jam kerja atau dapat menghubungi contact person di nomor WA 0813 3411 8055 atau telpon (0334) 881 555. (YONI KRISTIONO)


Posting Komentar

0 Komentar