PELAYANAN PRIMA DISPENDUKCAPIL LUMAJANG PASCA LEBARAN TERUS BERJALAN

 

Sumber: Semeru FM

Kualitas pelayanan pada administrasi kependudukan, memiliki peranan yang sangat penting dalam suatu pemerintahan dan pembangunan suatu daerah. Seperti yang disampaikan Tenaga Fungsional Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Kabupaten Lumajang, Zainal. “Dispendukcapil Kabupaten Lumajang, selama libur lebaran kemarin, masih aktif memberikan pelayanan prima kepada masyarakat. Ini adalah sebagai wujud nyata pelayanan kami kepada masyarakat dan sesuai atensi dari pimpinan,” ungkapnya, ketika menjadi narasumber di Radio Semeru FM pada Selasa (9/10).

Sumber: Semeru FM

Hadir pula dalam dialog tersebut, Staf Pemanfaatan Data dan Inovasi Pelayanan (PDIP) Dispendukcapil Kabupaten Lumajang, Imam Bagus Suseno. Sementara tema yang diusung adalah “Pelayanan Prima Pasca Lebaran”.
Menurut Zainal, meskipun pasca lebaran, Dispendukcapil Kabupaten Lumajang selaku instansi pelaksana juga harus aktif untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat, sehingga memudahkan masyarakat dalam memperoleh dokumen kependudukan yang mereka butuhkan.
“Karena penyelenggaraan administrasi kependudukan diarahkan wujud pemenuhan hak asasi setiap orang di bidang pelayanan Administrasi Kependudukan (Adminduk), sebagai upaya peningkatan kesadaran penduduk untuk berperan serta dalam pelaksanaan administrasi kependudukan,” jelasnya.
Zainal menegaskan, pendekatan pelayanan tersebut merupakan salah satu bentuk dalam memberikan pelayanan yang mudah cepat dan gratis, sesuai slogan dari pelayanan administrasi kependudukan. Pelayanan yang mudah, cepat dan gratis, diharapkan bukan hanya sekedar slogan, tapi harus diupayakan untuk diwujudkan pada setiap pelayanan dokumen kependudukan di Dispendukcapil Kabupaten Lumajang.

Sumber: Semeru FM
Maka diperlukan upaya peningkatkan kualitas pelayanan administrasi kependudukan yang salah satunya dengan penanganan dan pengelolaan pengaduan masyarakat yang baik. Masyarakat yang menginginkan informasi dan komplain terhadap pelayanan administrasi kependudukan dapat dilayani dan terselesaikan dengan baik melalui pelayanan pengaduan masyarakat tersebut.
Hal senada juga disampaikan Staf Pemanfaatan Data dan Inovasi Pelayanan (PDIP) Dispendukcapil Kabupaten Lumajang, Imam Bagus Suseno. Pada momen ramadhan dan lebaran kemarin, pihaknya terus memberikan pelayanan prima kepada masyarakat, terutama masyarakat yang bekerja di luar Kabupaten Lumajang.
“Kenapa pelayanan prima selama libur lebaran kemarin tetap kita maksimalkan, karena kita ingin masyarakat yang menikmati libur lebaran dan pulang kampung, dapat merasakan pelayanan kami berkaitan dengan kepengurusan Adminduk dengan baik mas,” ungkap Bagus.

Sumber: Semeru FM
Bagus menjelaskan, kepada masyarakat yang libur lebaran dan hendak kembali ke kota tujuan untuk bekerja, pihaknya terus mengajak masyarakat agar menggunakan aplikasi Identitas Kependudukan Digital (IKD) sebagai pengganti KTP elektronik. Selain itu, aplikasi IKD menjadi bagian dari transaksi pelayanan publik atau privat dalam bentuk digital. Serta mengamankan kepemilikan identitas kependudukan digital, melalui sistem autentikasi guna mencegah pemalsuan dan kebocoran data.
Untuk mendapatkan aplikasi ini, masyarakat wajib memiliki smartphone dan sudah memiliki e-KTP atau sudah melakukan perekaman e-KTP. Namun bagi yang tidak punya smartphone, masyarakat masih tetap menggunakan e-KTP seperti biasanya. Masyarakat tidak perlu khawatir, karena aplikasi IKD ini hanya bisa di akses oleh satu orang saja yaitu pemilik HP itu sendiri, sehingga datanya aman dan tidak akan bisa di akses oleh orang lain. (Yoni Kristiono)

Posting Komentar

0 Komentar