MTs PUTRI NURUL MASYITHAH LUMAJANG, MURAH TAPI BERPRESTASI


      Meskipun memiliki beragam program unggulan dan meraih banyak penghargaan, namun MTs Putri Nurul Masyithah Lumajang dikenal sebagai lembaga pendidikan yang murah tapi berprestasi. Pernyataan ini terlontar dari Totok Sujarwo, Wali Murid dan Anggota Komite MTs, saat menjadi narasumber di program Panorama Pagi Radio Semeru FM pada Senin (4/5) pagi.
      Menurut Totok, pihaknya selaku Komite Sekolah sangat mendukung program-program yang sudah disiapkan pihak sekolah. Dan ada salah satu program yang layak diacungi jempol, yaitu soal transparansi penggunaan anggaran yang ada di MTs Putri Nurul Masyithah Lumajang.
      “Karena begitu terbukanya soal penggunaan anggaran, semua wali murid dari semua kelas diundang, untuk membahas anggaran. Ini yang membuat saya kagum. Selain itu, biaya sekolahnya juga murah, padahal program dan prestasinya banyak,” ungkapnya.
      Hadir pula dalam talkshow yang di pandu Hariyantyo, S.Pd tersebut, Kepala Sekolah MTs Putri Nurul Masyithah Dra. Qurratul A’yun, M.Pd., Koordinator Ekstra dan Ketua PPDB Basuki Rahmat, S.Pd., guru dan Pembina Kegiatan Lomba Riza Monica dan Tim IT Mahmud, S.Pd.
      Totok menceritakan, awal mula putrinya masuk di MTs Putri Nurul Masyithah dirinya pesimis, karena dari depan sekolah terlihat kecil. Namun setelah masuk ke dalam, baru dirinya yakin, jika sekolah itu bisa membimbing anaknya, agar jauh lebih baik dari sebelumnya, “Saya baru yakin, ketika ada di dalam,” imbuhnya.
      Bahkan keyakinnanya itu kini membuahkan hasil. Putrinya yang awalnya kurang pede, manja kepada orang tua, sekarang sudah berani berbicara di depan umum. Ini membuktikan, pelajaran karakter religius di MTs Putri Nurul Masyithah, berhasil diserap dengan baik oleh anaknya. “Perubahan perilaku anak saya yang membuat saya kaget dan terharu. Dia sekarang sudah meniru saya dan berani berbicara di panggung atau di depan umum,” ungkapnya bangga.
      Atas kesaksian dirinya sebagai orang tua ini, Totok mengajak kepada orang tua yang putrinya hendak masuk jenjang sekolah SMP atau MTs, untuk segera mendaftar di MTs Putri Nurul Masyithah. “Ayo segera bergabung di sini, insya Allah tidak akan kecewa, saya jamin itu,” ajaknya.
      Hal senada juga disampaikan Kepala Sekolah MTs Putri Nurul Masyithah Lumajang, Dra. Qurratul  A’yun, M.Pd. Ia menjelaskan, sekolah yang ia bawahi ini merupakan satu-satunya sekolah putri yang ada di Lumajang. Pola Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) di MTs Putri Nurul Masyithah, menggunakan dua cara, yaitu online dan offline. Lantaran corona, katanya, untuk yang mau mendaftar secara langsung, ia menjamin pelayanan yang kami berikan sesuai dengan ketentuan pemerintah. "Tetap menjaga jarak aman atau sosial distancing,” tegasnya.


SANG JUARA DAN LA
      MTs ini mengusung visi dan misi, terwujudnya generasi Islam Qur’ani berwawasan ahlussunnah waljama’ah ala Nahdlatul Ulama. Maka pihaknya berkewjiban, visi dan misi ini bisa dijalankan dengan meningkatkan ketaqwaan jiwa religius dan Islami untuk peserta didik, sehingga bisa menciptakan suasana pendidikan yang aman, tertib, dan jauh dari bullying.
      Di samping mengedepanan visi dan misi tersebut, lanjut Qurratul A'yun, pihaknya juga melakukan terobosan menggebrak karakter pembelajaran dengan nama SANG JUARA. Jargon itu bermakna: Santun dalam bersikap, Amanah dalam mengemban tugas, Nasionalisme sebagai semangat persatuan, Global dalam pemikiran, Jujur dalam segala hal, Usaha untuk mencapai cita-cita, Antusias dalam belajar dan berprestasi, Rendah hati dalam bertutur kata, dan Allah sebagai tujuan hidup.
      Untuk membentuk karakter positif anak, selain program SANG JUARA, MTs Putri Nurul Masyithah juga ada program unggulan lainya yaitu Laborat Agama (LA). Di LA ini banyak jenjang yang akan dilalui anak didik untuk menghafal 4 surat Al Qur'an, yaitu surat Yasin, Arraohman, Al Waqiah, dan Al Mulk. “Khususnya surat Yasin, sudah masuk syarat wajib hafal bagi anak didik, ketika nanti mengambil ijazah kelulusan,” ungkapnya.


GERRAM
      Di samping SANG JUARA dan LA, untuk mewujudkan madrasah yang hebat dan bermartabat tidaklah mudah. Untuk itu, MTs Putri Nurul Masyithah juga menjalankan program dari Kementerian Agama (Kemenag) yaitu Gerakan Ayo Membangun Madrasah (GERAMM), sebagai program untuk membangun madrasah dengan mengoptimalkan potensi madrasah.
      Dijelaskan, GERAMM dibagi dalam 7 gerakan, yaitu Gerakan Literasi Madrasah (GELEM), Gerakan Madrasah Sehat (GEMES), Gerakan Madrasah Inovatif (GEMI), Gerakan Furudhul Ainiyah (GEFA), Gerakan Peningkatan Kompetensi Guru (KATA SIGURU), Gerakan Peningkatan Kompetensi Kepala Madrasah (KATA SIKAMAD), Gerakan Peningkatan Kompetensi Pengawas (KATA SIAWAS).
      Dari 7 program GERAMM, MTs Putri Nurul Masyithah menjalankan 4 poin penting yang di rasa sesuai dengan visi dan misi sekolah yakni GELEM, GEMI, GEMES dan GEFA. Melalui kegiatan ini dapat memunculkan kerangka konsep, pedoman pada pemantauan program dan penyusunan program, untuk mencapai target yang telah ditetapkan.
      Dengan kegiatan penguatan GERAMM di MTs Putri Nurul Masyithah, dapat menjadi dasar dalam membangun dan mengembangkan literasi pada madrasah, mendesain madrasah yang inovatif, madrasah yang sehat dengan pengembangan dan evaluasi Unit Kesehatan Sekolah (UKS), serta tidak melupakan pengembangan furudul ainiyah. “Tidak lupa GERAMM juga menyentuh pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) madrasah baik kepala madrasah, guru, dan pengawas,” imbuhnya.
Sementara itu, Koordinator Extra dan Ketua PPDB Basuki Rahmat, S.Pd., mengatakan, kegiatan extra yang wajib diikuti oleh anak didik di MTs Putri Nurul Masyithah adalah Pramuka, ini khusus untuk anak didik kelas 7 dan 8. Hal ini dilakukan untuk membentuk karakter anak didik, apalagi Pramuka di MTs Putri Nurul Masyithah, sudah memperoleh banyak prestasi, “Pernah mengikuti Jambore di Cibubur 2019 dan Jambore Internasional di Malaysia,” ungkap Basuki Rahmat.
PPDB 2020
      Sementara untuk PPDB tahun ajaran 2020/2021 di MTs Putri Nurul Masyithah sudah di buka, dengan sistem dua jalur melalui online dan offline. Dari kedua jalur itu, syarat yang dibutuhkan cukup mudah, mulai foto coppy Kartu Keluarga (KK), foto coppy raport kelas 5 dan 6, foto coppy akte kelahiran dan pas foto ukuran 3x4 sebanyak 6 lembar.
      “Untuk yang offline kami membuka layanan dari jam 8-12 siang. Ayo datang segera ke jalan Kapten Kyai Ilyas nomor 16 Lumajang, atau bisa menghubungi nomer HP saya di 0815-5976-5985. Ingat kuota yang kami butuhkan hanya 100 siswi,” ajaknya.
       Terkait dengan prestasi MTs Putri Nurul Masyithah, Guru dan Pembina Kegiatan Lomba Riza Monica mengatakan, pada tahun 2019, telah menyabet sederet prestasi Jawa Bali, mulai juara dua NU Award, Lomba Asti Manajemen Cabang Tahfidzul Qur’an, Talent Competition. Kemudian lomba bahasa Inggris, lomba singer, dan masih banyak prestasi lainnya yang sudah berhasil diraih sekolah khusus putri ini, “Kadang setelah lomba kita bingung piala ini mau kita taruh mana,” ungkapnya bangga.
      Sementara itu Tim IT Mahmud, S.Pd., mengatakan, untuk tim IT di MTs Putri Nurul Masyithah sudah menggunakan metode pendekatan simple sehingga mudah dan tidak memberatkan bagi orang tua calon siswi dan guru. Langkah ini dilakukan, karena di daerah pinggiran, masih jauh dari jangkauan internet. Sehingga pendaftaran dengan sistem online dan juga webside bukan satu-satunya jalur yang wajib dilalui di MTs ini.
      “Mengapa kami memberikan nomer telpon, tujuanya untuk mempermudah pelayanan, biar kami nanti yang mengumpulkan data calon siswi dan mengirimnya ke Dinas Pendidikan,” pungkasnya.
Yang juga sangat menarik, madrasah ini juga menyediakan fasilitas asrama. Sehingga bagi siswa yang rumahnya cukup jauh bisa tinggal di asrama, tidak perlu repot antar jemput.
      Dalam talkshow yang dipandu oleh Hariyanto, S.Pd ini, cukup banyak respons dari para pendengar dan juga fans Radio Semeru FM yang disampaikan baik melalui telepon, WA maupun facebook. Seperti yang disampaikan Pak Usman asal Tempeh, ia mengucapkan apresiasi luar biasa kepada MTs ini, seperti yang disampaikan narasumber-narasumber, bahwa MTs ini pendidikannya bagus, banyak prestasi, dan beayanya murah. (YONI)

Posting Komentar

0 Komentar