PJ. BUPATI LUMAJANG SAMPAIKAN LAPORAN KETERANGAN PERTANGGUNGJAWABAN TAHUN ANGGARAN 2023 DI HADAPAN DEWAN

    

Sumber: Semeru FM

  Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Lumajang, melaksanakan Rapat Paripurna dengan agenda Penyampaian Nota Penjelasan Bupati Terhadap Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Tahun Anggaran (TA) 2023 dan Persetujuan Dewan Terhadap Perubahan Propemperda Kabupaten Lumajang Tahun 2024, yang berlangsung pada hari Kamis, 7 Maret 2024, di gedung DPRD Kabupaten Lumajang.

     Rapat yang dibuka oleh H. Bukasan, S.Pd. MM., selaku Wakil Ketua DPRD Kabupaten Lumajang, didampingi Wakil Ketua, H. Akhmat, ST dan Oktafiani, SH., dan dihadiri Anggota DPRD Kabupaten Lumajang, Pj. Bupati Lumajang, Sekda Kabupaten Lumajang, Kapolres Lumajang, perwakilan dari Kodim 0821 Lumajang, serta para Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Lumajang dan Camat se-Kabupaten Lumajang.

     “Laporan Keterangan Pertanggungjawaban oleh Kepala Daerah merupakan suwatu kewajiban, sebagai wahana penilaian upaya perbaikan kinerja penyelenggaraan pemerintah Kabupaten Lumajang pada masa mendatang,” ungkapnya, saat membuka Rapat Paripurna.

Sumber: Semeru FM

     Dalam LKPJ Tahun Anggaran 2023 yang dibacakan oleh Pj. Bupati Lumajang, Indah Wahyuni, pihaknya menyampaikan apresiasi kepada Pimpinan dan Anggota DPRD Kabupaten Lumajang, para Stakeholder terkait dan seluruh pegawai Pemerintah Daerah yang telah bekerja sama menjalankan agenda strategis, sehingga Lumajang mendapatkan pencapaian perubahan peningkatan yang signifikan.

     Ia menegaskan bahwa laporan ini merupakan hasil pelaksanaan program dan kegiatan Pemerintah Kabupaten Lumajang Tahun Anggaran 2023. Selain itu, data pengelolaan keuangan daerah tersebut merupakan data sementara.

     Pada kesempatan tersebut, pihaknya juga memaparkan beberapa poin penting, salahsatunya adalah pencapaian pengelolaan keuangan daerah Kabupaten Lumajang tahun 2023. Rinciannya, meliputi pendapatan daerah totalnya mencapai Rp 2,158 Triliun atau terealisasi sebesar 101,72 persen dari target yang ditetapkan.

     Kemudian, terkait pengelolaan belanja daerah, Kabupaten Lumajang hanya mampu merealisasikan alokasi belanja sebesar Rp 2,114 Triliun atau 92,28 persen dari target yang ditetapkan.

     “Pencapaian poin keuangan daerah tahun 2023 yaitu sebesar Rp 2,158 Triliun, terealisasi 101,72 persen dari target yang ditetapkan. Selanjutnya, terkait dengan hal-hal lebih rinci bisa dapat dicermati pada buku LKPJ Tahun Anggaran 2023 yang telah disampaikan,” jelasnya.

Sumber: Semeru FM

     Selain itu, Pj. Bupati Lumajang juga menyampaikan sejumlah capaian dari berbagai sektor termasuk keberhasilan sektor pariwisata yang ditandai dengan meningkatnya angka kunjungan wisatawan mancanegara hingga 26.539 orang.

     “Jumlah wisatawan mancanegara pada tahun 2023 sebesar 26.539 orang, mengalami peningkatan sebesar 21.928 orang dari tahun 2022 yang tercatat 4.611 orang,” tegasnya.

     Tak hanya dari sektor pariwisata, sektor pertanian juga mengalami tren positif pada tahun 2023. Dimana total produktivitas komoditi pertanian di tahun 2023 mengalami kenaikan 44 persen dari tahun 2022 yaitu sebesar 5.923.809 kwintal.

     Capaian di bidang Pertanian dan Pariwisata merupakan perwujudan pelaksanaan misi satu Kabupaten Lumajang, yakni mewujudkan perekonomian daerah berkelanjutan yang berbasis pada pertanian, usaha mikro dan pariwisata. Pihaknya juga mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah mendukung penyelenggaraan pemerintahan dan pelaksanaan pembangunan, serta pemberdayaan masyarakat di Kabupaten Lumajang.

sumber: Semeru FM

     “Atas nama pemerintah Kabupaten Lumajang, saya menyampaikan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada segenap pimpinan dan anggota DPRD, Forkopimda, alim ulama, tokoh masyarakat, insan pers dan seluruh komponen masyarakat yang telah memberikan dukungannya terhadap penyelenggaraan pemerintahan dan pelaksanaan pembangunan, serta pemberdayaan masyarakat di Kabupaten Lumajang,” pungkasnya. (YONI KRISTIONO)


Posting Komentar

0 Komentar