PEMBAHASAN R-APBD 2024 AKHIRNYA DISETUJUI DEWAN

 

Sumber: Semeru FM

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Lumajang, kembali menggelar rapat Paripurna dengan agenda Laporan Badan Anggaran terhadap R-APBD Tahun Anggaran 2024, Laporan Badan Pembentukan Perda terhadap Propemperda Kabupaten Lumajang Tahun 2024, Pansus I, II, dan III terhadap Raperda Kabupaten Lumajang Tahun 2023, Penyampaian Pendapat Akhir Fraksi-Fraksi terhadap Raperda APBD T.A 2024.

Kemudian Laporan Persetujuan Dewan terhadap R-APBD Tahun Anggaran 2024, Persetujuan Dewan terhadap Propemperda Kabupaten Lumajang Tahun 2024, Persetujuan Dewan terhadap 5 (lima) Raperda Kabupaten Lumajang dan 1 (Satu) Raperda Inisiatif DPRD Kab. Lumajang Tahun 2023 dan Pembubaran Pansus I, II dan III.
Sumber: Semeru FM

Rapat Paripurna yang berlangsung pada Jum’at, 24 Nopember 2023 tersebut, dipimpin oleh Ketua DPRD Kabupaten Lumajang, Eko Adis Prayoga, SE dan anggota DPRD Kabupaten Lumajang. Turut hadir dalam kegiatan tersebut Pj. Bupati Lumajang, Indah Wahyuni, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Lumajang, Drs. Agus Triyono, M.Si., beserta jajaran di lingkup Pemkab Lumajang.
Setelah tarik ulur yang cukup alot, Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (R-APBD) TA 2024, akhirnya disetujui oleh Dewan. Dalam rapat Paripurna yang berlangsung sekitar 2,5 jam tersebut akhirnya berjalan lancar, hingga Ketua DPRD Lumajang, Eko Adis Prayoga, mengetuk palu tanda sepakat.
Setelah melalui serangkaian tahapan dan perancangan nilai anggaran, Dewan setuju pada rancangan APBD 2024 sebesar Rp 2,17 triliun. Seperti yang disampaikan oleh Juru Bicara (Jubir) tim Banggar DPRD Kabupaten Lumajang, Lancar Budi Utomo. Menurutnya, terkait pembahasan tersebut, Badan Anggaran DPRD Kabupaten Lumajang dapat mengambil kesimpulan, bahwa penyusunan dan pembahasan R-APBD Kabupaten Lumajang Tahun Anggaran 2024 sudah memenuhi ketentuan yang berlaku.
Sumber: Semeru FM

Ia menambahkan, dari hasil pembahasan di tingkat Komisi-Komisi DPRD atas Rencana Kerja Anggaran (RKA) masing-masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD) sudah tidak ada permasalahan tetapi masih ada beberapa catatan.
“Banggar DPRD Kabupaten Lumajang berpendapat, bahwa berdasarkan hasil pembahasan secara seksama, maka R-APBD Tahun 2024 layak untuk diajukan dalam Rapat Paripurna selanjutnya, untuk mendapatkan pengesahan dan penetapan,” ungkapnya.
Sementara itu Penjabat (Pj) Bupati Lumajang, Indah Wahyuni mengucapkan terimakasih kepada DPRD Kabupaten Lumajang yang telah melakukan proses pembahasan R-APBD TA 2024. Atas persetujuan tersebut, pihaknya mengaku bersyukur, sehingga dengan proses yang berjalan tepat waktu, diharapkan tidak ada keterlambatan khususnya dalam hal pelaksanaannya.
Sumber: Semeru FM

“Alhamdulillah proses berjalan lancar sesuai harapan kita bersama yang akhirnya mendapatkan persetujuan Dewan. Selanjutnya setelah ini dokumen APBD tahun depan agar segera disampaikan kepada Menteri Dalam Negeri (Mendagri) melalui Gubernur Jawa Timur untuk dievaluasi. Saya berharap sebelum akhir 2023 Perda APBD 2024 sudah ditetapkan, sehingga program tahun depan dapat segera dilaksanakan,” pungkasnya. (YONI KRISTIONO)

Posting Komentar

0 Komentar