DISPENDUKCAPIL LUMAJANG, GENJOT PELAYANAN PRIMA UNTUK MEMUDAHKAN MASYARAKAT DALAM MENGURUS ADMINDUK

    

Sumber: Semeru FM

 Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Kabupaten Lumajang, terus berbenah untuk memberikan pelayanan prima kepada masyarakat, terutama dalam hal pelayanan pengurusan Administrasi Kependudukan (Adminduk).

Seiring dengan perkembangan penduduk yang semakin banyak, maka Dispendukcapil Kabupaten Lumajang harus melakukan inovasi untuk mempermudah dan mempercepat layanan Adminduk tersebut, salah satunya dengan pelayanan mudah dan cepat.
Seperti yang disampaikan Ani Muryani selaku Analis Kebijakan Ahli Muda Dispendukcapil Kabupaten Lumajang. Menurutnya, langkah ini perlu dilakukan agar Dispendukcapil Kabupaten Lumajang mempunyai pelayanan publik yang berkualitas.
Sumber: Semeru FM

Sebagai pelaksana tugas Pemerintah Daerah, Dispendukcapil Kabupaten Lumajang harus terus melakukan perubahan dalam mencapai sasaran dengan meningkatkan kualitas pelayanan publik serta memudahkan dan mendekatkan pelayanan kepada masyarakat.
“Pelayanan prima ini sudah kita lakukan termasuk di tingkat Kecamatan, hanya saja masyarakat masih berpikir lebih bagus mengurus Adminduknya di kantor pusat mas,” ungkapnya, ketika menjadi narasumber di Radio Semeru FM, Selasa (11/7). Hadir pula dalam dialog tersebut Staf Dispendukcapil Lumajang, Imam Bagus Suseno. Tema yang diusung adalah “Pelayanan Prima”.
Ia menambahkan, tahapan yang paling penting pada pelayanan prima adalah membangun integritas pada unit instansi pemerintah melalui berbagai perubahan dan perbaikan yang terencana, masif, komprehensif dan sistematis.
Hal senada juga disampaikan Staf Dispendukcapil Kabupaten Lumajang, Imam Bagus Suseno. Untuk mewujudkan pelayanan prima, Dispendukcapil Kabupaten Lumajang sudah memberikan ruang layanan secara penuh, artinya loket layanan yang selama ini antara satu dengan lainnya tidak sama dalam memberikan pelayanan kependudukan, kini sudah bisa memberikan pelayanan pada semua kebutuhan Adminduk masyarakat.
Sumber: Semeru FM

“Loket layanan di depan kantor yang selama ini satu loket memberikan layanan khusus soal Akte Kelahitan dan satunya soal Kartu Keluarga (KK), kini sudah bisa melayani semua data Adminduk yang dibutuhkan oleh masyarakat,” jelasnya.
Terobosan semacam ini menurut Imam Bagus Susesno terbukti efektif, karena masyarakat yang antri atau menunggu dengan berbagai kebutuhan data kependudukannya bisa cepat terlayani dengan optimal oleh petugas.
“Semuanya bisa terlayani dengan baik, sehingga masyarakat saat ini tidak perlu harus menunggu antrian lama hanya untuk mengurus kebutuhan Adminduknya,” jelentrehnya.
Sumber: Semeru FM


Bukan hanya itu, menurut Imam Bagus Suseno, petugas parkir kendaraan bermotor yang ada di depan kantor Dispendukcapil Kabupaten Lumajang, selain menata kendaraan juga memberikan arahan kepada pemohon Adminduk yang datang ke kantornya, agar masyarakat terarah dan bisa cepat mendapatkan pelayanan prima berkaitan dengan data kependudukan yang dibuthkan. (YONI KRISTIONO)

Posting Komentar

0 Komentar