PADUKAN NILAI BUDAYA KUNO DAN MODERN, SMKN 2 LUMAJANG GELAR FASHION GRAND SHOW PANCA GRANTA TAHUN 2023

    

Sumber : Semeru FM

        Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 2 Lumajang, akan menggelar Grand Show Panca Granta di Gedung Sujono, pada Tanggal 25 Pebruari 2023 mendatang. 

     Fashion show ini dalam rangka gelar karya tugas akhir peserta didik, menampilkan gelar karya hasil Praktik Kerja Lapangan (PKL) kompetensi keahlian Tata Busana dan Desain Fashion SMK Negeri 2 Lumajang Tahun Pelajaran 2022-2023.

     Guru Tata Busana dan Desain Fashion, SMK Negeri 2 Lumajang, Siti Mazizatuz Zahroh, S.Pd mengatakan, dalam gelar karya tugas akhir ini, setiap peserta didik wajib menampilkan karyanya, untuk siswi program keahlian tata busana berupa rancangan busana, sementara desain fashion sesuatu yang berhubungan dengan mode.

Sumber : Semeru FM

     “Karya ini akan dinilai sebagai tugas akhir bagi para peserta didik,” ungkapnya, ketika menjadi narasumber di Radio Semeru FM pada Rabu (15/2). Hadir pula dalam acara tersebut Abbel Vianda W, selaku Wakil Pelaksana Kegiatan dan Eka Nur Yuliatin selaku Ketua Panitia. Tema yang diusung dalam dialog tersebut adalah “The Ancient World Culture”.

     Siti Mazizatuz menjelaskan, sesuai dengan tema, para peserta didik akan membuat rancangan fashion dengan memadukan gaya budaya kuno dengan budaya modern. Diharapkan dengan perpaduan budaya tersebut, akan menghasilkan karya yang bisa dilirik bukan hanya oleh para desain dari lokal Lumajang saja namun juga bisa lebih luas lagi.

     “Hasilnya nanti sebagai bukti bawah peserta didik di SMK Negeri 2 Lumajang, sudah siap untuk terjun di dunia kerja sesuai dengan kompetensinya,” jelasnya.

Sumber : Semeru FM

     Hal senada juga disampaikan oleh Ketua Panitia Grand Show Panca Granta Eka Nur Yuliatin, munculnya tema The Ancient World Culture, karena terinspirasi dari budaya dunia yang masih kental dan bisa dikembangkan di era modern seperti sekarang ini.

     “Kita terinspirasi dari budaya kuno dari lima negara yaitu Indonesia, India, Prancis, Arab dan Cina. Karena ke lima negara ini memiliki kebudayaan yang menarik untuk bisa dikembangkan di acara kami tersebut,” ungkapnya.

     Eka menjabarkan, bahwa para peserta nantinya diharapkan bisa mencari inspirasi dari budaya kuno ke lima negara yang sudah disebutkan itu, untuk dipadukan menjadi desain fashion yang terkesan klasik namun modern. 

Sumber : Semeru FM

     Sementara itu, Abbel Vianda selaku Wakil Pelaksana Kegiatan Grand Show Panca Granta menambahkan, untuk menarik pengunjung supaya berbondong-bondong datang ke acara tersebut, pihak panitia akan menyediakan tiket dalam bentuk voucher ATM dengan nominal yang sangat terjangkau bagi kantong pelajar. 

     “Silahkan datang, gak mahal kok harganya sesuai dengan kantong pelajar, langsung datang saja ke panitia atau ke lokasi, untuk mengetahui berapa nilai ATM nya,” jelasnya.

Sumber : Semeru FM

     Pada bagian akhir dialog, ke tiga narasumber sama-sama berharap, agar Grand Show Panca Granta dengan tema The Ancient World Culture ini, bisa berjalan sukses dan menjadi salah satu kegiatan yang bisa mengangkat budaya Lumajang dan Indonesia pada umumnya. (YONI KRISTIONO)


Posting Komentar

0 Komentar