Direktur RSUD Haryoto Lumajang Terpilih Jadi Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah Lumajang.

Sumber : Semeru FM

     Setelah melalui proses dan prosedur pemilihan, nama  dr. Halimi Maksum, M.MRs (Direktur RSUD dr Haryoto) akhirnya terpilih menjadi Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Lumajang dan  Aini Mardiana, Amd.Keb sebagai Pimpinan Daerah Aisyiyah (PDA) Muhammadiyah Lumajang untuk periode 5 tahun kedepan (2022 -2027).


Mereka terpilih dalam Musyawarah Daerah (Musda) Muhammadiyah dan Aisyiyah ke-11, di aula Gedung SMK Muhammadiyah Lumajang, pada Minggu, (19/2/2022).

Acara ini selain dihadiri pimpinan cabang, pimpinan ranting, dan jama'ah muhammadiyah lumajang juga dihadiri Ketua PW Muhammadiyah Provinsi Jawa Timur, Dr. dr. Sukadiono, MM, Bupati dan Wakil Bupati Lumajang.

Dalam sambutannya Bupati Lumajang Thoriqul Haq yang akrab dipanggil dengan sebutan Cak Thoriq, mengatakan bahwa selama ini antara kader NU dan Muhammadiyah telah berkolaborasi sehingga Lumajang kondusif.

Sumber : Semeru FM

Senada Wakil Bupati Lumajang, Indah Amperawati menyatakan bahwa hubungan sinergi dan keharmonisan antara Muhammadiyah dan NU sangat membantu program-program pemerintah daerah, dengan harapan pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) dan Pimpinan Daerah Aisyiyah (PDA) terpilih bisa menjalin komunikasi dengan seluruh pihak, utamanya NU dan pemerintah daerah.

"Hubungan sinergi dan keharmonisan antara Muhammadiyah dan NU sangat membantu program-program pemerintah daerah," ujarnya.

Sementara itu, Ketua PW Muhammadiyah Provinsi Jawa Timur, Dr. dr. Sukadiono, M.M., mengingatkan kembali agar warga persyarikatan PCNU dan PD Muhammadiyah jangan sampai diadu domba.

Tertunda Karena Pandemi 
Sebenarnya Musda ini harusnya digelar pada 2 tahun lalu, namun karena situasi pandemi akhirnya mulai dari pusat hingga daerah, musyawarahnya di undur.

Seperti yang diungkap Zaenal Abidin S.Pd. Ketua Steering Committee SC pemilihan 13 formatur pimpinan dalam Musda tersebut.

Sumber : Semeru FM

“Mestinya Musda ini dilakukan pada tahun 2020, namun karena pandemi semuanya mulai dari pusat, wilayah hingga daerah  mundur 2 tahun,” ujarnya saat Talkshow Persiapan Musda Muhammadiyah Lumajang ke 11 di Radio Semeru FM Lumajang pada hari Sabtu, (18/2/2020).

Sebelum Musda ini berlangsung, proses pemilihan pimpinan muhammadiyah Lumajang  menurut Zaenal telah melalui beberapa tahapan. Tahap pertama memberikan kesempatan kepada Pimpinan Cabang Muhammadiyah untuk mengusulkan 13 nama.

“Selain usulan dari 21 cabang,  juga usulan dari organisasi otonom muhammadiyah yang masing-masing juga mengusulkan 13 nama yang memenuhi ketentuan terlampir,” ungkap Zaenal.

Dari usulan  21 cabang dan  organisasi otonom  tersebut tercatat ada  68 calon, dari jumlah ini kemudian dilihat berkasnya apakah calon-calon itu sudah memenuhi syarat sesuai ketentuan yang diberlakukan. “Yang memenuhi syarat untuk dipilih, kami berikan surat bersedia atau tidak untuk dipilih,” lanjutnya.

Hal senda diungkap Hasyim Asyari, S.Si, M.M selaku organizing committee (panitia pelaksana). Menurut Hasyim, dari 68 nama tersebut akhirnya tersaring 37 kandidat yang memenuhi syarat.

Sumber : Semeru FM

“Dari jumlah ini akan dipilih secara langsung sebanyak 13 nama sebagai pimpinan daerah muhammadiyah. Mereka dipilih oleh perwakilan 21 cabang dan 8 organisasi otonom  termasuk Aisyiyah yang total ada  196  suara,” ujar Hasyim.

Yang unik di Muhammadiyah ini kata Hasyim, usulan calon pimpinan adalah dari bawah, hingga  sepopuler apapun kalau tidak diusulkan oleh cabang atau organisasi otonom maka tidak akan masuk di bursa calon pimpinan.

“Uniknya lagi jika ada yang berkampanye ataupun berambisi maka dipastikan tidak akan terpilih,” katanya.


Inilah Nama 13 PDM Lumajang

Dari 37 kandidat yang masuk bursa  Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Lumajang, berikut ini nama terpilih sesuai dengan urutan perolehan suara.

1. Halimi Maksum, MMRS. Dr dengan perolehan 168 suara.
2. Moh. Khoyum, Drs. MM, 156 suara.
3. , S.Pdi, MM., 145 suara.
4. Teguh Hidayat Indaryanto, S.Ag, 125 suara.
5. Yusuf Wibisono, Drs. Msi, 118 suara.
6. Djatto, Drs. MM, 114 suara.
7. Zainal Abidin, S.Pd., 104 suara.
8. Agus Siswantono, Drs. M.Psi., 103 suara.
9. Suharwoko, Drs.M.Si., 96 suara.
10. Muhlason, Lc., 78 suara.
11. Aminuddin, Drs. 77 suara.
12. Yossie Sudarso, Drs. M 76
13. Junaidi, S.H., 73 suara.

Inilah Nama 13 PDA Muhammdiyah Lumajang

Sementara  dari 40 nama kandidat pimpinan Aisyiyah berikut 13 nama sesuai urutan perolehan suara.

1. Aini Mardiana, dengan perolehan 107 suara.
2. Rodliyah, S.PdI., 90 suara.
3. SS Mahindar, Dra., 88 suara.
4. Endang Nurhayati,  86 suara.
5. Irma Sahvitri, SH.M.Hum, 85 suara
6. Sarunti, S.Pd., 84 suara.
7. Imas Maesaroh, Dra. M.Pd., 77 suara.
8. Lilik Nurdiani, S.Pd. M.PSI., 77 suara.
9. Erna Pratiwi, S.Pd., 65 suara.
10. Eny Yuswati, 59 suara.
11. Siti Chosiyah/Titiek Jumali, 56 suara.
12. Umi Farida, M.Kes., 44 suara.
13. Nurul Choriyah, 40 suara. (TG)

Posting Komentar

0 Komentar