DISPENDUKCAPIL LUMAJANG: INOVASI PELAYANAN ADMINDUK BERMUARA PADA KEPUASAN MASYARAKAT

 

Sumber : Semeru FM

     Kepala Bidang (Kabid) Pelayanan Pendaftaran Penduduk (Dafduk) Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Kabupaten Lumajang, Drs. Rochmat Wachid menjelaskan, administrasi kependudukan memberikan  pemenuhan hak-hak administrative seperti pelayanan public serta perlindungan yang berkenaan dengan dokumen kependudukan tanpa adanya perlakuan yang diskriminatif.

     Sehingga berbagai inovasi pelayanan yang diberikan Dispendukcapil Kabupaten Lumajang kerap kali berubah-ubah. Tidak lain tidak bukan, berbagai trobosan layanan tersebut dilakukan untuk memberikan pelayanan prima kepada masyarakat Lumajang secara umum.

     “Berbagai inovasi pelayanan yang sudah kita lakukan, muaranya hanya kepada kepuasan masyarakat Lumajang mas,” ungkapnya, ketika menjadi narasumber di Radio Semeru FM pada Kamis (8/12). Hadir pula dalam dialog tersebut, Penata Kependudukan Dispendukcapil Kabupaten Lumajang, Zaenal. Tema yang diusung adalah “Pelayanan Prima Administrasi Kependudukan”.

Sumber : Semeru FM

     Rochmat Wachid menambahkan, sebagai upaya mempercepat pelayanan, Dispendukcapil Kabupaten Lumajang berkomitmen melaksanakan penyelenggaraan administrasi kependudukan melalui sebuah inovasi dengan meluncurkan berbagai program yang selama ini sudah sering disosialisasikan di Radio Semeru FM Lumajang.

     “Sebuah inovasi bermuara kepada layanan dengan mengedepankan nilai-nilai seperti nilai tambah, kecepatan, ketepatan, praktis, serta peningkatan kualitas untuk mewujudkan masyarakat tertib administrasi yang dapat menjamin hak dan kewajibannya,” jelasnya.

     Dengan adanya kegiatan inovasi tersebut, masyarakat akan semakin dimanjakan oleh berbagai jenis layanan dari Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Lumajang yang efisien dan responsif, dengan begitu masyarakat akan semakin sadar akan pentingnya tertib administrasi kependudukan.  

     Rochmat Wachid menegaskan, sebagai salah suatu bagian dari sistem percepatan pembangunan, maka pencatatan data kependudukan merupakan komponen yang sangat vital. Sebab dari data kependudukan tersebut, akan dapat diperoleh gambaran yang akurat dan akuntabel mengenai kebutuhan riil masyarakat pada suatu daerah. 

Sumber : Semeru FM

     Melalui berbagai upaya dan inovasi yang telah dilakukan dan sudah mendapat respon baik dari masyarakat, kini Dispendukcapil Kabupaten Lumajang juga menerima apresiasi dan penganugerahan berskala nasional dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) untuk zona integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK).

     “Penghargaan ini menjadi sumber semangat dalam mewujudkan Indonesia bebas korupsi dan komitmen tinggi bagi Disdukcapil Kabupaten Lumajang dalam memberikan pelayanan yang membahagiakan masyarakat,” tekatnya.

Sumber : Semeru FM

     Hal senada juga disampaikan Penata Kependudukan Dispendukcapil Kabupaten Lumajang, Zaenal. Inovasi pelayanan prima bertujuan membuat pelayanan yang bisa membahagiakan masyarakat, yaitu pelayanan cepat, tepat dan tentunya gratis. Dengan langkah ini diharapkan masyarakat lebih antusias untuk mengurus dokumen kependudukan sehingga kepemilikan dokumen lebih meningkat.

     Inovasi dalam pelayanan memang terus dilakukan dalam mendukung pelayanan yang mudah, cepat dan gratis. Seperti pelayanan dokumen kependudukan 1 (satu) hari jadi, pelayanan 3 in 1 (tree in one), bayi lahir pulang dari rumah sakit langsung mendapatkan akta kelahiran, layanan online dan masih banyak lagi pelayanan mudah yang sudah diterapkan di Dispendukcapil Kabupaten Lumajang. 

Sumber : Semeru FM

     “Sehingga pelayanan mudah, cepat dan gratis yang membahagiakan masyarakat benar-benar tersaji di Dispendukcapil Kabupaten Lumajang. Dengan terlaksananya pelayanan yang prima, akan mendorong peningkatan kepemilikan dokumen kependudukan, untuk mendukung terwujudnya tertib administrasi kependudukan,” pungkasnya. (Yoni Kristiono)


Posting Komentar

0 Komentar