SMK NEGERI 2 LUMAJANG, MEMILIKI FASILITAS BERSTANDAR HOTEL BINTANG LIMA

 

Sumber : Semeru FM 

     Tidak bisa dipungkiri, geliat Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) kini tengah mengalami perkembangan yang pesat. Tidak hanya dilihat dari bangunan, proses pembelajaran pun kini jauh lebih menyenangkan, sehingga membuat peserta didiknya kian nyaman, selama menikmati masa studi di sekolahnya.

     Salah satunya seperti SMK Negeri 2 Lumajang, sekolah ini memiliki fasilitas yang begitu bagus terutama hotel nya. Seperti yang disampaikan Ketua Konsentrasi Perhotelan, Etin Sri Mumpuni. Ia menjelaskan, fasilitas yang tersedia di Jurusan Perhotelan SMK Negeri 2 Lumajang cukup memadai dan sudah berstandar hotel bintang lima. 

     “Fasilitas yang ada itu digunakan siswa untuk belajar tentang food and beverage service. Bagaimana cara melayani tamu terkait pelayanan makanan dan minuman, layaknya di hotel bintang lima,” terangnya, ketika menjadi narasumber di Radio Semeru FM pada Senin (7/11). 

Sumber : Semeru FM 

     Hadir pula dalam dialog tersebut, Kepala Tenaga Administrasi SMK Negeri 2 Lumajang, Tri Indra Kurniawan, S.Pd. Ketua Program Keahlian Tata Kecantikan SMK Negeri 2 Lumajang, Devi Christina Sihotang. Kepala Konsentrasi Keahlian Desain Konsetrasi Visual (DKV) SMK Negeri 2 Lumajang, Adi Joko Kharisma. Ketua Program Kecantikan Tata Busana SMK Negeri 2 Lumajang, Atit Arinda dan Guru Produktif Tata Boga Ketua Konsentrasi Jurusan Kuliner SMK Negeri 2 Lumajang, Yuni Wulandari.

     Etin Sri Mumpuni menambahkan, sejumlah fasilitas itu di antaranya ruangan lobby yang digunakan siswa untuk belajar bagaimana cara melayani tamu. Sementara itu untuk alasan membangun Miratu Hotel tersebut, atas dasar kebutuhan praktik jurusan peserta didik. Dengan adanya Miratu Hotel, peserta didik bisa langsung mempraktikan ilmu yang didapatkannya di sekolah.

     “Kita mempunyai empat kamar, dengan tipe standar deluxe dan swift. Sehingga ketika masuk ke Miratu Hotel, pasti rasanya seperti bukan di Lumajang lagi mas, jelas berasa seperti di hotel bintang lima, karena dikelola dengan baik selayaknya hotel profesional,” jelasnya bangga.

Sumber : Semeru FM 

     Jurusan Perhotelan merupakan jurusan yang mengembangkan pengetahuan. Khususnya dalam perencanaan, memproduksi dan pengawasan pengelolaan jasa penginapan atau akomodasi. Dengan fasilitas standar hotel bintang lima dan tenaga pendidik yang mumpuni di industri perhotelan, pihaknya berharap bisa menciptakan lulusan SMK Negeri 2 Lumajang yang kopeten di bidangnya.

     Hal senada juga disampaikan Kepala Tenaga Administrasi SMK Negeri 2 Lumajang, Tri Indra Kurniawan, S.Pd. Selain perhotelan secara umum SMK Negeri 2 Lumajang memiliki beberapa jurusan, yaitu lima konsentrasi keahlian meliputi Perhotelan, Tata Boga, Tata Busana Tata Kecantikan, Desain Komunikasi Visual dan Desain Fashion.  

Sumber : Semeru FM 

     “Pada masing-masing jurusan, kami memiliki potensi yang bisa kami banggakan, hal ini dialkukan untuk memberikan pemahaman bagi peserta didik ketika sudah lulus sudah punya bekal pengetahuan yang mumpuni,” ungkapnya.

     Ditempat yang sama, Guru Produktif Tata Boga Ketua Konsentrasi Jurusan Kuliner SMK Negeri 2 Lumajang, Yuni Wulandari menjelakan, untuk jurusan kuliner ada beberapa program unggulan yang sudah diberikan kepada para peserta didik. Bahkan SMK Negeri 2 Lumajang sudah memiliki Cafe dan Restourans Mini, guna menunjang proses belajar mengajar para peserta didik dibidang itu.

     “Pengelolaannya kita serahkan sepenuhnya kepada peserta didik mas, agar mereka paham praktek yang sesungguhnya itu seperti apa, sehingga ketika mereka lulus dari SMK Negeri 2 Lumajang, sudah memiliki bekal yang bisa dibanggakan,” jelasnya.

Sumber : Semeru FM 

     Yuni menambahkan, peserta didik juga belajar tentang cara atau teknik dalam mengukir buah. Mulai dari cara menggunakan alat carving hingga cara bagaimana membuat sebuah karya seni ukir yang menarik dari bahan buah-buahan. Dengan mulai banyaknya kompetisi fruit carving dan kegiatan-kegiatan yang menggunakan produk fruit carving untuk mempecantik dekorasinya. 

     “Atas ketekunannya banyak peserta didik kita yang sudah menyabet juara satu dalam lomba carving dan minuman non alkohol, salah satunya di Universitas Negeri Malang,” tambahnya.

Sumber : Semeru FM 

     Sementara untuk program Busana dan Desain, SMK Negeri 2 Lumajang juga sudah melakukan banyak terobosan, dengan menjadikan program keahlian Tata Busana dan Desain sebagai program keahlian yang menghasilkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang profesional dan berwawasan lingkungan yang mampu berkompetensi di tingkat Nasional dan Internasional.

     “Sehingga peserta didik memiliki sikap, pengetahuan dan keterampilan yang berkualitas, profesional dan memiliki daya saing dan kreativitas yang tinggi,” ungkap Ketua Program Kecantikan Tata Busana SMK Negeri 2 Lumajang, Atit Arinda.

Sumber : Semeru FM 

     Pada bagian akhir dialog, semua barasumber menegaskan bahwa SMK Negeri 2 Lumajang akan terus mempersiapkan peserta didik menjadi manusia yang produktif, mampu bekerja mandiri dan dapat diserap sebagai tenaga kerja tingkat menengah sesuai dengan kompotensi yang dimilikinya. 

     Kemudian memberikan pembekalan agar mampu berkarir, ulet dan giat dalam berkompetensi, mampu beradaptasi dilingkungan kerja dan dapat mengembangkan sikap propesional sesuai kompetensi yang sudah dimilikinya. (Yoni Kristiono)


Posting Komentar

0 Komentar