H. AKHMAT, ST: PEMERINTAH WAJIB APRESIASI GENERASI MUDA BERPRESTASI

 

Sumber : Semeru FM

     Minimnya perhatian pemerintah daerah terhadap generasi muda berprestasi, mendapat sorotan Dewan. 

     Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Lumajang, H. Akhmat, ST., menuturkan, bahwa pemerintah harus bergerak cepat jika ada generasi muda yang memiliki potensi luar biasa di Kabupaten Lumajang.

     “Pemerintah harus memperhatikan generasi muda yang berprestasi, jangan malah dibiarkan begitu saja. Karena banyak yang seperti itu di Kabupaten Lumajang, sehingga mereka memilih pindah ke daerah lain karena tidak ada perhatian dari pemerintah. Salah satunya pecatur dari Desa Kelanting Kecamatan Sukodono,” ungkapnya, ketika menjadi narasumber diprogram Dewan Mendengar Radio Semeru FM pada Rabu (2/11).

Sumber : Semeru FM

     Hadir pula dalam dialog tersebut, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Kadispora) Kabupaten Lumajang, Nurman Riyadi dan Juara 1 Pemuda Berprestasi Nasional 2022, Zainul Arifin, MM. Tema yang diusung dalam dialog itu adalah “Upaya Mewujudkan Pemuda Berprestasi Lumajang”.

     H. Akhmat menambahkan, Dewan tidak pernah tebang pilih dalam memberikan suport berkaitan dengan pemuda yang berprestasi di Kabupaten Lumajang. Berbagai masukan yang dilontarkan oleh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) selalu mendapat dukungan penuh dari Dewan, asalkan itu berkaitan dengan nama baik Kabupaten Lumajang.

     “Kami tidak pernah menolak yang namanya konsep dan sebuah gagasan dari teman-teman OPD, dan bahkan kami kepingin ada gagasan dan inovasi dari pemerintah daerah, bagaimana caranya kita bisa mencetak para generasi muda di Kabupaten Lumajang yang berprestasi,” tambahnya.

Sumber : Semeru FM

     Menurut H. Akhmat, jika pemerintah jeli, Kabupaten Lumajang memiliki banyak generasi muda yang memiliki prestasi luar biasa. Peluang semacam ini harus terus digali mulai dari desa. Dengan pelibatan pemerintah desa, dirinya optimis berbagai potensi dan prestasi generasi muda akan terghali dengan optimal.   

     “Masyarakat kita ini ada sebanyak 1.090.000, dengan jumlah sebanyak itu masak mau cari 10 pemuda berprestasi di Kabupaten Lumajang kesulitan. Ayo kita awali mencari pemuda berprestasi dari tingkat desa terlebih dahulu, untuk kita kader dan kita bawah ke tingkat kabupaten,” ajak pria yang murah senyum tersebut.

     Sementara itu Kadispora Kabupaten Lumajang, Nurman Riyadi menjelaskan, potensi pemuda untuk kemajuan bangsa sangat luar biasa. Masa depan bangsa ditentukan oleh para generasi muda, karena generasi muda adalah ujung tombak kemajuan dan pembangunan bangsa. 

Sumber : Semeru FM

     Menurut Nurman, generasi muda dengan fisiknya yang kuat, pengetahuan yang inovatif, serta kreativitas yang tinggi disebut sebagai aktor pembangunan. Baik buruknya suatu Negara dapat dinilai dari kualitas pemudanya, tanpa adanya peranan pemuda maka bangsa akan mengalami kesulitan dalam hal kemajuan, pembangunan, perubahan, bahkan identitas bangsa akan memudar dengan sendirinya. 

     “Kali pertama saya masuk di Dispora, saya teringat dengan apa yang disampaikan oleh Bung Karno yaitu berikan aku 1000 orang tua, niscaya akan kucabut semeru dari akarnya, berikan aku 10 pemuda, niscaya akan kuguncangkan dunia. Pernyataan itu yang saat ini akan kami pegang teguh untuk memaksimalkan potensi generasi muda berprestasi yang ada di Kabupaten Lumajang,” ucapnya. 

     Oleh sebab itu, peranan pemuda sebagai generasi penerus bangsa, apa dan bagaimana pemuda seharusnya berperan sebagai kunci atau penerus bangsa. Akan terus digelorakan, sehingga potensi mereka bisa terjaring optimal dan pemerintah tidak memberikan batasan pada kreasi generasi berprestasi agar kedepan berjalan jauh lebih baik lagi.

     “Maka dari itu, kami tidak pernah memberikan batasan pada mereka, malah kita akan suport terus peran generasi muda berprestasi ini untuk Kabupaten Lumajang,” imbuhnya.

     Tidak hanya itu, sebagai penerus bangsa, generasi muda berarti menanggung harga dan martabat bangsa, dimana persaingan dan penjajahan identitas bangsa dapat berlangsung di berbagai macam bidang kehidupan.

     Hal senada juga disampaikan Juara 1 Pemuda Berprestasi Nasional 2022, Zainul Arifin, MM. Kewajibannya sebagai warga negara untuk mengangkat nama Kabupaten Lumajang, menjadi motifasi sehingga dirinya mampu mengukir prestasi hingga ke tingkat nasional. 

     “Penghargaan ini merupakan apresiasi atas inisiatif dan aktifitas kami sebagai penggerak yang memiliki inisiasi sosial, budaya dan ekonomi kreatif,” jelasnya.

Sumber : Semeru FM

     Pemuda yang bergelut di bidang seni ini, mendapat anugerah sebagai Pemuda Penggerak Wirausaha Berprestasi dari Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur.

     Zainul menambahkan, dari 21 item poin penilaian, dewan juri memutuskan dirinya mampu mereferensikan pemuda penggerak wirausaha atas aktivitas yang dilakukannya, dampak serta manfaat bagi lingkungan, bagi peningkatan ekonomi yang melibatkan generasi muda.

     “Dewan juri pada saat itu tertarik dengan konsep pengembangan wirausaha kerakyatan yang saya sampaikan dengan konsep pentahelix SAE yang artinya itu Santun, Apresiasi dan Edukasi yang mengambil intisari dari rekaslering yang merubah permasalahan menjadi produktivitas,” tambahnya.

     Menurut  Zainul, dalam perjuangannya menjadi Pemuda Penggerak Wirausaha Berprestasi tidak mudah, karena ia harus bersaing dengan pemuda-pemuda lain dari seluruh pelosok nusantara. 

Sumber : Semeru FM

     Zainul menegaskan, bahwa dirinya dikenal aktif dalam memberdayakan generasi muda melalui seni CIO Arts Culture miliknya. Selain itu, ia juga aktif sebagai trainer dalam berbagai outbond dan pelatihan yang mendorong peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) generasi muda di Kabupaen Lumajang. (Yoni Kristiono)


Posting Komentar

0 Komentar