KOMISI A DPRD LUMAJANG: BUMDES HARUS BERPERAN TINGKATKAN DESA WISATA

 

Sumber : Semeru FM

     Peningkatan daya tarik desa wisata yang ada di Kabupaten Lumajang, dapat dilakukan melalui optimalisasi peran Badan Usaha Milik Desa (BUMDES). Hal ini disampaikan Anggota Komisi A DPRD Kabupaten Lumajang, Abdul Rahman Saleh, SH. Menurutnya, desa wisata berpotensi menjadi sektor andalan dalam sistem kepariwisataan seperti sekarang ini.

     “BUMDES harus berperan dalam pengembangan desa wisata. Alokasi anggaran BUMDES sendiri bisa didapatkan dari Dana Desa (DD) dan bisa juga dari sumber-sumber yang lainnya,” ungkapnya, ketika menjadi narasumber diprogram Dewan Mendengar Radio Semeru FM, pada Kamis (11/8). Tema yang diusung dalam dialog itu adalah “Optimalisasi BUMDES”. 

     Dia menambahkan, penguatan peran BUMDES diperlukan, guna merumuskan berbagai hal, mulai dari tahap perencanaan hingga pengembangan potensi wisata yang ada di desa. “Dengan adanya BUMDES dan juga dukungan dari pemerintah, berupa kebijakan pembentukan pengembangan permodalan dan pembinaan, diharapkan desa wisata di Lumajang bisa berkembang,” tegasnya.

     Ia menjelaskan, setelah pihaknya berkunjung ke lokasi wisata Sawah Sumbergempong, Desa Ketapanrame, Kecamatan Trawas, Kabupaten Mojokerto, yang menjadi salah satu Desa Berdaya di Kabupaten Mojokerto beberapa waktu yang lalu. Banyak ide dan gagasan yang akan diterapkan Komisi A DPRD Lumajang untuk pengembangan wisata Lumajang. “Destinasi wisata kita tidak kalah dengan mereka kok, bahkan kita lebih bagus,” jelasnya.

Sumber : Semeru FM

     Mengusung tagline Sobo Ketapanrame, desa ini kata Abdul Rahman Saleh, menjadi desa yang memiliki banyak destinasi wisata. Konsep utama yang diusung dalam wisata sawah adalah kombinasi sawah di perbukitan dipadukan dengan wahana permainan. Wisata sawah ini menjaga habitat alami sawah. “Dan yang mereka gunakan itu adalah Tanah Kas Desa (TKD),” jelentrehnya.

     Sebagai lembaga perekonomian desa yang diharapkan dapat efektif membangun pariwisata desa berbasis komunitas. Keberadaan BUMDES di Lumajang, diharapkan dapat meningkatkan daya saing potensi wisata, serta mendatangkan kemanfaatan ekonomi bagi masyarakat.


DEWAN DUKUNG BUMDES DENGAN PELATIHAN


     Kabupaten Lumajang menyimpan segudang potensi yang belum seluruhnya tergali secara optimal dan terpadu, salah satunya adalah dari sektor pariwisata.

     Hal tersebut menjadi perhatian serius Dewan khususnya Komisi A DPRD Lumajang. Dalam waktu dekat ini, Dewan berencana melakukan pembinaan dan pelatihan kepada BUMDES yang ada di Lumajang, berkaitan dengan pengembangan potensi wisata yang bisa meningkatkan perolehan Pendapatan Asli Daerah (PAD).

     Abdul Rahman Saleh menekankan, setelah mendapatkan pelatihan, BUMDES harus mengelola potensi secara profesional dan mandiri, dengan menekankan prinsip efisiensi dan efektifitas. Potensi wisata desa harus dikembangkan menjadi komponen wisata seperti pesona alam desanya yang indah, kuliner khas desa, cindera mata dan homestay.

Sumber : Semeru FM

     Ia menjelaskan, desa wisata adalah suatu bentuk integrasi antara potensi daya tarik wisata alam, wisata budaya dan wisata hasil buatan manusia dalam satu kawasan tertentu. “Harapan kami, keberadaan BUMDES ini, akan meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat yang pada akhirnya dapat memberikan kontribusi terhadap peningkatan PAD kita,” pungkasnya. (YONI KRISTIONO)


Posting Komentar

0 Komentar