Cara Menjaga Pola Hidup Sehat

    

sumber : https://www.piqsels.com/id/public-domain-photo-joqji


    Pola hidup sehat sudah menjadi kebiasaan yang tak asing dan sering kita dengar baik di lingkungan rumah, kerja dan lain lain. Dari yang kita dengar, pernahkah menerapkan pola hidup sehat tersebut?. Sebenarnya banyak cara untuk memulai pola hidup sehat, namun apakah kita terbiasa dan konsisten akan hal tersebut, apalagi bagi yang jarang menerapkan pada kehidupan sehari hari.

    Dalam menjaga pola hidup sehat, tentu kita akan memiliki kendala seperti malas atau kurang memperhatikan kesehatan tubuh. Maka dari itu, harus ada niatan yang sungguh sungguh dalam memulai pola hidup sehat yang akan dilakukan. Berkaitan dengan hal tersebut, berikut adalah tips - tips yang dapat anda lakukan demi menjaga pola hidup sehat yang teratur :


1. Minum Air Putih Yang Cukup

    Meskipun hal tersebut sudah sering dilakukan sehari hari, tapi tidak jarang seseorang yang teratur dalam minum air putih. Setidaknya, minum air putih 8 gelas sehari karena tubuh selalu membutuhkan cairan untuk beraktifitas setiap hari. Manfaatnya dapat mengeluarkan zat - zat racun dari tubuh melalui air seni.


2. Selalu Rajin Berolahraga

    Dalam menjaga pola hidup yang sehat, sudah pasti olahraga adalah salah satu cara yang umum dilakukan seseorang. Apalagi manfaat dari olahraga itu sendiri sangat baik bagi tubuh, selain membuat tubuh anda lebih fit, juga dapat mengeluarkan racun dalam tubuh melalui keringat.


3. Memiliki Waktu Istirahat Yang Cukup

    Mungkin salah satu kendala bagi anda yang sangat sibuk dan kurang punya waktu untuk beristirahat, Namun istirahat yang cukup merupakan hal yang tubuh kita butuhkan. Dampak dari istirahat yang kurang, tubuh kita akan mudah terserang penyakit, dan bisa juga tubuh menjadi tidak fit serta menurunkan kinerja kita. Menjaga istirahat yang cukup, tentu hal yang harus kita lakukan dalam memulai pola hidup sehat.


4. Menjaga Asupan Makanan

    Salah satu hal yang sering lalai pada kebanyakan orang, apalagi yang sering makan makanan berlemak yang berlebihan akan mengakibatkan penyakit kolesterol. Maka dari itu, anda harus bisa mengatur makanan apa saja yang baik di konsumsi sehari hari dan bergizi baik. kandungan yang dibutuhkan untuk tubuh seperti karbohidrat, vitamin, mineral dan protein harus selalu ada pada makanan yang kita konsumsi sehari hari.


5. Menjauhi Kebiasaan Buruk

    Meninggalkan kebiasaan seperti merokok dan minum minuman ber-alkohol, tentunya bisa membuat tubuh kita lebih fit dan sehat.


6. Menjaga Kebersihan

   Menjaga kebersihan merupakan kebiasaan yang mudah dilakukan. Karena bila kita membiasakan hal tersebut, terbebas juga dari penyakit. Bisa di mulai dengan rajin mencuci tangan, menyapu dan membersihkan rumah, serta untuk kondisi pandemi sekarang harus selalu mematuhi protokol kesehatan.


7. Kurangi Stres

    Dalam menjalani hidup, pasti tidak asing dan bahkan pernah merasakan gejala stres. Apabila kita sering stres, akibat yang di timbulkan juga beragam, salah satu contohnya adalah menurukan daya tahan tubuh. Karena di masa pandemi sekarang dianjurkan untuk menjaga daya tahan tubuh kita supaya tidak gampang terserang penyakit. Maka dari itu, mengurangi tingkat stress pada tubuh merupakan hal yang penting demi menjaga pola hidup sehat.


    Begitulah tips - tips cara hidup sehat yang dapat anda lakukan dan terapkan di kehidupan sehari hari. Manfaat yang diperoleh, tergantung pada konsistensi anda dalam menerapkan pola hidup sehat tersebut. Meskipun pada awalnya sangat berat dan muncul kemalasan dalam melakukannya, anda harus tetap memegang prinsip bahwa kesehatan itu nomor satu dan sangat berharga. Demikian hal yang bisa saya sampaikan, Terima Kasih.




HALAMAN SELANJUTNYA:


Posting Komentar

0 Komentar