HIDUP TERASA BERAT KARENA ASAM URAT? JAMU URATAN SOLUSINYA



     Kita sering mendengar keluhan badan sakit semua,  bahkan banyak yang hingga tidak bisa jalan karena kakinya bengkak dengan rasa seperti tertusuk ribuan jarum yang teramat nyeri. Siksaan hidup yang sangat mengganggu aktivitas ini sering dirasakan oleh sebagain orang yang menderita asam urat. Benarkan itu semua gejala asam urat? Bagaimana menyembuhkannya? Apa sih asam urat itu?
     Perry Angglishartono,  Product Group Manager PT. JAMU IBOE JAYA,  dan Ekka Puji Cristiani selaku Public Relation  PT. JAMU IBOE JAYA, mengungkap semua itu dalam acara talkshow di Radio Semeru FM,  Kamis (29/10) siang. Kehadiran dua narasumber ini juga didampingi  Stephen Walla selaku CEO/Direktur Utama  Jamu IBOE. Dengan gamblang mereka menjelaskan tentang apa itu asam urat dan ciri-cirinya,  termasuk bagaimana cara mengatasinya.


FAKTOR PENYEBAB, CIRI-CIRI, DAN BAHAYA   ASAM URAT

     Sebenarnya asam urat itu ada di tubuh semua manusia,  namun mengapa hingga bisa menjadi penyakit yang menyiksa? “Asam urat itu adalah hasil metabolisme tubuh secara wajar. Namun apabila kadarnya melampaui batas normal,  maka akan menimbulkan penyakit,” ujar Ekka. Ia menjelaskan bahwa kelebihan asam urat tersebut bisa menimbulkan penyakit yang bernama Gout/Pirai. Penyakit inilah yang oleh orang awam atau kebanyakan kita dengan sebutan penyakit asam urat.
     Harusnya kadar asam urat yang normal itu menurut Ekka adalah 3,4 hingga 7,0 mg/dl untuk pria, sedangkan untuk wanita 2,4 hingga 5,7 mg/dl. “JIka lebih dari ukuran itu pastilah terkena penyakit yang sering kita sebut asam urat tersebut,” tutur Ekka.
     Ketika kita terserang penyakit asam urat ini, maka dipastikan kita akan merasakan rasa nyeri yang hebat di persendian. Bahkan persendian menjadi bengkak, merah,  dan terasa panas pada persendian kaki,  terutama persendian ibu jari kaki. Parahnya lagi struktur persendian bisa rusak akibat munculnya benjolan (tofi). Itu semua akibat dari tingginya kadar asam urat dalam darah.  
     Lebih lanjut Ekka menjelaskan bahwa akibat dari tingginya kadar asam urat di dalam darah ini bisa menyebabkan peradangan dan pembengkakan pada sendi-sendi serta ruas-ruas jari. Jika dibiarkan bisa menyebabkan terjadinya Hyperuricemia (kadar asam urat tinggi).
     Jika tidak ditangani dengan tepat,  penyakit asam urat ini bisa berakibat fatal, yakni penderita berpotensi mengalami gagal ginjal.  “Hyperuricemia atau kadar asam urat tinggi ini mengakibatkan kakunya sendi dan ruas jari, serta pengkristalan pada ginjal,” jelas Ekka.  
     Ada beberapa faktor yang menyebabkan asam urat tinggi, di antaranya adalah pola makan dan jenis makanan itu sendiri. Jenis makanan yang berpotensi  mengakibatkan meningginya kadar asam urat di antaranya adalah udang, kerang, kepiting, jerohan, kacang-kacangan, mlinjo, bayam, buncis, kembang kol, kangkung, asparagus, keju, susu, telor, alkohol, durian, alpukat, nanas, dan air kelapa.
    “Obesitas atau kegemukan juga berpotensi terserang asam urat lho,” tegas Ekka. Ia menyebutkan ada faktor lain yang bisa mengakibatkan penyakit asam urat,  seperti gagal ginjal, komplikasi dari penyakit lain seperti hipertensi dan kolesterol. “Ada juga karena memang ada gangguan metabolisme sejak lahir,” imbuhnya.
     Asam urat ini berbeda dengan pegal linu akibat kelelahan. Pegal linu adalah istilah tradisional untuk menunjukkan gejala penyakit yang berhubungan dengan rasa capek, lelah/letih di sendi maupun otot pada sebagian atau sekujur tubuh. “Biasanya setelah bekerja atau berolah raga kadang kita terasa lemah, letih, lesu dan tidak bertenaga, otot-otot terasa kaku dan nyeri sehingga mengganggu aktivitas kita. Nah itu namanya pegal linu. Namun ini pun bisa diredakan dengan jamu URATAN karena jamu uratan juga mengandung analgesik,” terang Ekka.


JAMU URATAN: SOLUSI MENGATASI PENYAKIT ASAM URAT

     Agar terhindar dan bisa lepas dari penyakit asam urat ini,  maka solusinya adalah dengan cara menghindari faktor penyebab tingginya asam urat,  seperti menghindari beberapa makanan tersebut. Termasuk menjaga berat badan dan minum air 2,5 liter per hari. Olah raga juga disarankan agar metabolisme tubuh bekerja dengan baik,  dan yang paling mudah yakni minum jamu URATAN.
     “Hati-hati minum jamu karena banyak yang menjual produk jamu tapi ternyata bukan jamu. Bahkan dicampur dengan bahan kimia,” ujar Perry Product Group Manager PT. JAMU IBOE JAYA. Perry menjelaskan bahwa saat ini banyak beredar produk yang tidak bertanggung jawab,  sehingga banyak orang yang percaya minum jamu abal-abal tersebut karena cespleng.
     “Jamu itu menyembuhkan melaui proses,  sehingga tidak bisa langsung sembuh seketika saat itu juga ketika minum jamu. Itu jelas dicampuri dengan bahan kimia yang sifatnya menghilangkan sakit sementara,” ujar Perry. Campuran bahan kimia ini bisa merusak hati dan ginjal jika tidak dengan takaran yang benar.
     “Belilah jamu yang diproduksi oleh produsen yang sudah dipercaya seperti Jamu IBOE,” ujar Perry berpromosi. Perry kemudian menceritakan bahwa PT. JAMU IBOE JAYA adalah produsen jamu dari Surabaya yang sudah berpengalaman dan dipercaya mengolah jamu sejak lebih dari seratus tahun lalu.
     Salah satu cara mudah mencegah dan menyembuhkan sakit asam urat adalah dengan cara minum jamu URATAN. Jamu  ini mempunyai cara kerja yang lengkap dalam mengatasi asam urat, sehingga lebih efektif dan cara penyembuhannya relatif lebih cepat.
     Ada tiga cara kerja jamu URATAN yang efektif dan tepat sasaran, yakni dengan cara membebaskan rasa nyeri pada sendi, mengurangi peradangan,  dan menurunkan kadar asam urat. Kadar asam urat bisa luruh melalui air seni,  karena itulah dianjurkan minum air minimal  2,5 liter per hari.
     “Kandungan yang ada dalam URATAN itu ada yang analgesik,  yakni yang bisa mengurangi rasa nyeri, inflamasi yang bisa mengurangi peradangan,  dan ada juga yang mengandung diuretik yang bisa membantu meluruhkan asam urat melalui urin,” terang Perry.
     Jamu URARAN ini bisa dibeli di Depot Jamu, Apotik, dan juga bisa dibeli secara online. “Kami sudah bekerja sama dengan 15 marketplace seperti Shopee, Tokopedia, Lazada, Blibli.com, Bukalapak,  dan lain-lain,” timpal Ekka.
     Ketika disinggung soal harga, Ekka mengatakan bahwa harganya cukup terjangkau. Jika dibanding dengan manfaatnya tentu saja harganya sangat murah. “Untuk URATAN sachet cuma Rp. 2.300,- kemudian URATAN kapsul strip Rp. 4.400,  dan URATAN botol Rp. 37.000. Itu harga pasaran,  namun jika ada perbedaan harga tidak akan jauh berkisar di antara itu,” terang Ekka.
     “Kami juga menyediakan layanan home delivery service,  sehingga Anda tinggal hubungi nomor kami,  maka petugas kami akan mengantar produk yang diminta ke rumah Anda langsung,” ujar Ekka sambil menyebutkan nomor yang bisa dihubungi yakni 0812 3677 979. Selain itu,  jika ada keluhan atau hal yang ditanyakan terkait dengan produk jamu Uratan ini bisa menghubungi Customer Service di nomor 0812 5250 8127.
     Meski ukurannya berbeda sesuai dengan variannya, yakni sachet, strip (kapsul), dan botol,   namun kandungan komposisinya sama, yaitu Jinten Hitam , Keningar , jahe, Cengkeh, Temulawak, Kunir, Sambiloto, Anyang-anyang,  dan Adas. 



SEKILAS  PT. JAMU IBOE JAYA  

     PT. JAMU IBOE JAYA  adalah salah satu perusahaan jamu tertua di Indonesia yang berdiri sejak tahun 1910 yang diprakarsai oleh seorang ibu dan putrinya. Kini sesuai perkembangannya, Jamu Iboe mengombinasikan filosofi ramuan jamu tradisional dengan perkembangan teknologi modern.
     PT. JAMU IBOE JAYA  terus berinovasi sehingga menghasilan produk dengan kualitas tinggi sehingga bermanfaat untuk masyarakat Indonesia. Dengan inovasi dan teknologinya, Jamu Iboe telah meluncurkan produk-produk jamu masa kini,  sehingga baik rasa dan aromanya disukai banyak kalangan terutama mereka yang tidak suka minum jamu karena rasa pahit.
     Baru-baru ini PT. JAMU IBOE JAYA  memproduksi jamu dalam bentuk instant granulle   yakni IBOE natural drink. Ada beberapa varian IBOE natural drink ini dengan masing-masing khasiatnya,  di antaranya  alang-alang, kulit manggis, jahe, lidah buaya, temulawak, rossela dan juga ada beras kencur. Semua produk tersebut dikemas dalam bentuk serbuk instant granulle yang bisa disajikan dalam bentuk minuman segar yang sehat dengan dicampurkan air putih sehingga rasanya manis gula asli. (TEGUH EKAJA).



 

Posting Komentar

0 Komentar