ANIMO TINGGI, BRI MENGGEBER PROGRAM PASAR RAMADHAN


 
    Bank Rakyat Indonesia (BRI) Cabang Lumajang setiap saat selalu menggelar event yang memanjakan nasabahnya. Kali ini sebuah program yang bertajuk Pasar Ramadhan Simpedes Tahun 2020 siap mengantisipasi dampak penyebaran Covid-19 mendapat sambutan yang sangat bagus. Animo yang tinggi dikarenakan program ini tidak hanya menyasar kepada nasabah yang sudah ada, namun juga memberikan sebuah kesempatan bagi pengunjung pasar.
      Sulary dari Bagian Publikasi Event dan selaku Suport IT BRI Cabang Lumajang menyebutkan, pihaknya kali ini telah meluncurkan program Gelombang Banjir Gimmick Program Pasar Ramadhan Simpedes tahun 2020. “Animonya cukup bagus, karena itu post event pasar kami lanjutkan sampai tanggal 31 Mei 2020,” ujarnya.
      Demikian pula untuk program Pasar Ramadhan Simpedes tahun 2020 yang seyogyanya berakhir tanggal 15 Mei 2020 ternyata animonya juga cukup tinggi. “Program ini kami lanjutkan dengan program Simpedes Hadiah Langsung sampai tanggal 19 Desember 2020,” lanjutnya.
      Sulary menjelaskan hal itu saat talkshow di Radio Semeru FM Selasa (12/5/20), didampingi petugas dari BRI Unit Sudirman, di antaranya Nuril Fajri dari marketing mikro Teras Pasar yang mengurusi investasi menabung yang ada di dalam Pasar Baru Lumajang. Selain itu juga ada Mbak Lia selaku mantri KUR. Ada juga mbak Yayank selaku customer service BRI Unit Sudirman Teras Pasar Baru Lumajang. Yayank inilah yang kemudian banyak memberikan keterangan soal program BRI.
      Sulary memaparlan, di masa pandemi corona saat ini BRI juga menyesuaikan pelayanan dengan tetap memperhatikan protokol antisipasi penyebaran corona. Di masa sekarang ini memang ada pembatasan kerumunan atau antrian, sehingga pihak bank harus mencari cara agar bisa melayani namun dengan tidak melanggar protokol. “Alhamdulillah kita terbantu dengan adanya e-channel sehingga ketika nasabah butuh sekian ribu bisa lewat ATM. Bahkan para pensiunan setelah buka blokir bisa langsung transaksi lewat ATM,” ungkap Sulary.
      Akibat situasi corona ini pula beberapa program BRI terpaksa harus dialihkan, seperti sosialisasi yang biasanya langsung bertemu masyarakat dengan cara membuka boot di pasar. “Kini tidak bisa dilakukan sehingga cukup dengan bersosialiasi lewat media seperti Radio Semeru FM ini,” ujar Sulary.




TERAS PASAR DAN AGEN BRILINK
      BRI Cabang Lumajang sendiri memiliki 24 unit yang tersebar di beberapa wilayah, dan dari 24 unit tersebut ada yang memiliki Teras Pasar BRI yang kebanyakan berada di wilayah pasar yang ramai. Tercatat ada 11 Teras Pasar BRI yang tersebar di pasar-pasar wilayah Kabupaten Lumajang. Teras Pasar BRI ini adalah pos layanan resmi BRI yang berada di dalam pasar dan dimaksudkan untuk mendekatkan nasabah dengan BRI, sehingga nasabah tidak harus ke kantor BRI jika ingin menabung atau melakukan transaksi lainnya.
      Ada beberapa layanan yang dijelaskan oleh petugas BRI ini termasuk istilah yang dipakai dalam perbankan, di antaranya soal dana fresh fund. “Dana fresh fund ini adalah sumber dana dari setoran tunai atau transfer dari rekening bank lain,” ujar Sulary.
      Ada lagi istilah Teman Simpedes. Teman simpedes ini menurut Yayank selaku Customer Service(CS) Teras Pasar BRI Sudirman adalah sebuah layanan yang menyediakan sebuah "celengan" atau wadah bisa terbuat dari kaleng atau plastik untuk menampung uang sementara. "Celengan" ini diberikan kepada nasabah untuk menabung uangnya. Setelah batas tertentu maka celengan tersebut diserahkan ke Agen Brilink untuk ditabung ke rekening Simpedes BRI milik nasabah.
      Agen Brilink adalah orang yang dipercaya menjadi kepanjangan BRI untuk mengkoordinir tabungan nasabah. Agen Brilink juga bisa melakukan transaksi seperti di BRI. “Agen Brilink bisa berada di toko-toko atau tempat tertentu yang dipercaya dan sudah ada atribut-atribut BRI sebagai penanda bahwa di tempat tersebut ada Agen Brilink yang resmi,” ujar Yayank. “Di Agen Brilink dilengkapi dengan mesin Electronic Data Capture (EDC) atau handphone yang bisa dipakai sebagai pencatat transaksi resmi BRI,” timpal Sulary.
      Diterangkan juga soal istilah cash pick up. “Ini bukan program, tapi ini adalah sebuah layanan ekstra dari BRI,” ujar Yayank. Menurutnya cash pick up adalah layanan bagi nasabah yang tidak punya waktu untuk datang sendiri ke bank. “Contohnya kami yang ada di BRI Sudirman, setiap hari datang ke nasabah yang aktif menabung. Mereka tidak perlu datang ke bank soalnya mereka sibuk dan tidak bisa meninggalkan dagangannya,” jelas Yayank yang mengaku setiap hari datang ke Pasar Baru Lumajang, karena nasabahnya banyak yang berada di pasar tersebut.
      BRI juga menyiapkan layanan merchant LINK AJA BRI. Ini adalah tempat bertransaksi yang menggunakan aplikasi LINK AJA. Sementara aplikasi LINK AJA adalah aplikasi untuk digunakan bertransaski non tunai sehingga nasabah bisa melakukan kegiatan transaksi hanya dengan handphone yang nomornya sudah terdaftar dan memilik kode tersendiri.



PROGRAM RAMADHAN
      Selama bulan Ramadhan ini, BRI memiliki sebuah program yang lebih banyak difokuskan di pasar-pasar yang ada di wilayah Kabupaten Lumajang. Terutama kali ini kegiatan terpusat di wilayah Senduro, sehingga nama programnyapun Pasar Ramadhan Bank BRI. Berikut ini beberapa info program Pasar Ramadhan BRI Lumajang.
      1. Paket Sembako senilai RP 70.000,00 dipersembahkan bagi pedagang/pengunjung pasar Senduro dan atau nasabah tabungan Simpedes di 24 BRI unit dan 11 Teras Pasar BRI se-Kabupaten Lumajang. Caranya top up saldo Tabungan Simpedes dengan fresh fund sebesar Rp 5.012.500,00 dan diblokir selama 3 bulan.
      2. Minyak goreng 2 liter dipersembahkan bagi pedagang/pengunjung pasar Senduro dan atau calon nasabah yang membuka rekening tabungan Simpedes baru dan top up saldo Simpedes dengan fresh fund minimal Rp 500.00,00 dan diblokir selama 1 bulan di 24 BRI unit dan 11 Teras Pasar BRI se- Kabupaten Lumajang, Selama persediaan masih ada.
     3. Minyak goreng 1 liter dipersembahkan bagi pedagang/pengunjung pasar Senduro dan atau Nasabah yang menyetorkan minimal sebesar Rp 250.000,00 dari Teman Simpedes di Agen Brilink ditunjuk wilayah kerja BRI unit Senduro, BRI unit Jatiroto, BRI unit Pronojiwo BRI unit Candipuro dengan menunjukkan bukti setoran/kupon Teman Simpedes. Selama persediaan masih ada.
      4. Minyak goreng 1 liter dipersembahkan bagi pedagang Pasar Senduro (BRI unit Senduro), pedagang pasar Pasirian (BRI unit Pasirian), dan Pedagang Pasar Baru Lumajang (BRI unit Sudirman), yang melakukan transaksi setoran cash pick up/jemput setoran oleh petugas BRI minimal sebesar Rp 1.000.000,00.
Paket sembako senilai Rp 100.000,00 dipersembahkan bagi pedagang dengan nilai batas saldo cash pick up 3 nasabah tertinggi selama program.
      5. Minyak goreng 2 liter dipersembahkan bagi pedagang pasar Senduro yang bersedia menjadi merchant LINK AJA BRI dan aktivasi agen BRI LINK AJA.
Pembayaran belanja minimal RP 50.000,00 dengan menujukkan bukti pembayaran
      6. Gratis saldo LINK AJA senilai 50% dari total Belanja atau maksimal RP 15.000,00 dipersembahkan bagi pengunjung Pasar Senduro yang melakukan transaksi pembayaran belanjanya di Merchant LINK AJA BRI ditunjuk dengan menunjukkan bukti pembayaran belanja LINK AJA ke Teras BRI Pasar Senduro. Dilampiri nota pembelian.
      7. Gratis Produk Asuransi Mikro AMKKM dipersembahkan bagi pedagang maupun pengunjung Pasar Senduro/nasabah yang mengajukan fasilitas pinjaman Mikro (baru/suplesi) bundling dengan pembelian Teman Simpedes. Pengajuan ke Teras Pasar Senduro dan BRI Unit Senduro.
      8. Aksi Sosial bagi-bagi masker/takjil gratis bagi pedagang/pengunjung Pasar Senduro/nasabah yang mempunyai saldo Tabungan Simpedes minimal Saldo RP 500.000,00 dengan cara menunjukkan bukti saldo terakhir ke Teras Pasar Senduro/BRI Unit Senduro selama persediaan masih ada
Program-program Pasar Ramadhan Simpedes tahun 2020 di BRI Lumajang ini dilakukan tetap dengan mengacu pada protokol pencegahan penyebaran covid-19. “Lawan dan cegah Penyebaran Covid-19 dengan disiplin mengikuti arahan Tim Satgas Covid-19 Kabupaten Lumajang dan menerapkan pola hidup sehat dan bersih, physical distancing, selalu memakai masker jika aktivitas di luar. Yang pasti BANK BRI melayani sepenuh hati,” pungkasnya. (TEGUH EKAJA).

Posting Komentar

0 Komentar