PEMERINTAH DESA BANJARWARU BANGUN JUT UNTUK MUDAHKAN AKSES LAHAN PERTANIAN

Melihat pentingnya keberadaan Jalan usaha tani (JUT), Pemerintah Desa Banjarwaru, Kecamatan Lumajang, terus mengupayakan untuk melakukan perbaikan JUT di wilayah Kelompok Tani Ledok Ombo. 

Kepala Desa Banjarwaru Samsul Arifin mengatakan, bahwa JUT yang dibangun ini akan memberikan manfaat langsung ke lahan pertanian, berupa rabat beton dengan spesifikasi panjang 300-400 meter, lebar 3,5 meter, dan ketebalan pengecoran 15 cm, dan menelan anggaran 250 juta yang bersumber dari Anggaran Ketahanan Pangan Dana Desa TA 2024.

Menurut Samsul, JUT adalah jalan yang dibangun dengan tujuan untuk memudahkan transportasi dan aksesibilitas ke lahan pertanian. Jalan tersebut menghubungkan lahan pertanian dengan jalan raya utama, dan menghubungkan lahan pertanian dengan sumber daya pertanian seperti irigasi dan input pertanian lainnya. 

Jalan usaha pertanian memiliki peran penting dalam meningkatkan produktivitas pertanian, mempermudah transportasi hasil pertanian dan aksesibilitas ke lahan pertanian, serta meningkatkan kesejahteraan petani dan masyarakat di sekitar lahan pertanian. (yon/LHI)


Posting Komentar

0 Komentar