JUMPA FANS RADIO SEMERU FM DENGAN PROGRAM BA FOR COVID-19 BERJALAN SUKSES

Sumber : Semeru FM

     Acara jumpa fans yang diselenggarakan oleh Radio Semeru FM pada Sabtu (22/10) berjalan dengan lancar dan sukses. Program acara yang dikemas dengan nama  “Jumpa Fans Semeru FM Breakthrough Action (BA) For Covid-19” tersebut, dihadiri hampir 200 orang fans Radio Semeru FM dari berbagai daerah yang tersebar di Kabupaten Lumajang.

     Dalam sambutannya, Presiden Komisaris Radio Semeru FM, Drs. Saiful Anam, M.Pd., mengatakan bahwa program tersebut dipersembahkan oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dan didukung oleh Lembaga Pembangunan Internasional Amerika Serikat yaitu United States Agency for International Development (USAID). 

Sumber : Semeru FM

     Selain itu peran serta dari koordinator Fans Radio Semeru FM juga tidak bisa dikesampingkan, karena atas keterlibatan mereka, kegiatan Jumpa Fans Radio Semeru FM Breakthrough Action For Covid-19 ini bisa terselenggara dengan baik. “Saya akui berkat partisipasi dari teman-teman fans Radio Semeru FM, acara kita ini terselenggara dengan lancar,” ungkapnya bangga. 

     Hadir pula dalam kegiatan tersebut Redno Dwi selaku Edukasi Promkes Senduro, Dokter Internship Puskesmas Kelurahan Rogotrunan Kecamatan Lumajang, dr. Dinda Ayu Wanodya dan Testimony Lansia Lilik Nurdiani. Tema yang diusung dalam dialog tersebut adalah “Pentingnya Vaksinasi Lengkap”.

Sumber : Semeru FM

     Saiful Anam menjelaskan, hampir 80 persen para fans yang datang ternyata sudah melakukan vaksinasi dengan dosis lengkap yaitu booster. Hal ini menunjukan bahwa antusias masyarakat untuk mensukseskan program pemerintah dalam hal ini vaksinasi sudah sangat luar biasa.   

     Sementara itu Edukasi Promkes Senduro Redno Dwi mengatakan, selain dapat melindungi tubuh dari virus Covid-19, vaksinasi juga dapat melindungi orang-orang di sekitanya. Sebab jika kita terlindungi dari infeksi virus, maka kecenderungan untuk menulari orang lain akan lebih rendah.

Sumber : Semeru FM

     “Oleh karena itu, segera lakukan vaksin agar tidak hanya diri kita yang terlindungi namun juga orang lain. Semakin banyak orang yang divaksinasi, maka semakin kecil potensi orang terpapar patogen berbahaya tersebut,” jelasnya dihadapan para fans.

     Hal senada juga disampaikan pemateri Dokter Internship Puskesmas Rogotrunan Kecamatan Lumajang, dr. Dinda Ayu Wanodya. Ia menyatakan bahwa idealnya vaksin Covid-19 memiliki efikasi yang bagus dan aman. 

     Vaksin yang saat ini sudah beredar dan disuntikkan kepada masyarakat secara umum, memiliki efikasi yang sudah memenuhi kriteria, dengan penelitian di beberapa negara menunjukkan efikasi yang bervariasi antara 60-90 %, dan sudah memenuhi rekomendasi dari WHO yaitu di atas 50%.

Sumber : Semeru FM

     Terkait dengan sejumlah efek samping yang terjadi, Dinda Ayu menyatakan bahwa sudah dilakukan penelitian yang menunjukkan bahwa efek samping tersebut tidak berhubungan dengan vaksin. Untuk memastikan efektifitas, keamanan, meminimalkan efek samping, Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) telah selesai melakukan kajian dan merekomendasikan penggunaan vaksin Covid-19. Dinda Ayu berharap agar Fans Radio Semeru FM dapat memotivasi diri, keluarga dan lingkungan sekitarnya, untuk menjalani vaksinasi Covid-19 secara lengkap.

Sumber : Semeru FM

     “Saya bisa mengatakan bahwa vaksinasi ini aman. Kalaupun kemudian ada berita sakit berat, itu sudah diklarifikasi tidak ada hubungannya dengan vaksin yang diberikan, karena yang terdampak biasanya karena ada penyakit penyerta lainnya,” tegasnya.

     Hal tersebut juga disampaikan Testimony Lansia Lilik Nurdiani. Menurutnya vaksin banyak manfaatnya karena virus Covid-19 masih jadi ancaman utama bagi orang yang belum melakukan vaksinasi. Hal ini dikarenakan tubuh tidak memiliki cukup perlindungan atas virus yang terus saja berkembang.

Sumber : Semeru FM

     “Dengan melakukan vaksin, tubuh akan memproduksi antibodi terhadap virus Covid-19. Antibodi ini akan membantu sistem kekebalan tubuh dalam melawan virus apabila suatu saat terpapar, dan mengurangi risiko terpapar penyakit,” tegasnya.

     Sekedar diketahui, semakin banyak individu yang melakukan vaksin, maka Herd Immunity akan tercapai. Tak hanya itu, manfaat lain yang didapat jika mendapatkan vaksinasi lengkap dan ditambah booster adalah kemudahan mengakses layanan fasilitas umum atau publik. 

Sumber : Semeru FM

     Misalnya saja dalam hal syarat pelayanan atau akses masuk suatu tempat dengan menunjukkan bukti kartu vaksin. Kemudahan itu bisa berupa syarat pembuatan dan perpanjang Surat Ijin Mengemudi (SIM), penerbangan, perjalanan kereta api, akses masuk mall, supermarket hingga beberapa keperluan kepengurusan dokumen lainnya, Jumpa Fans Radio Semeru FM, Program BA for COVID-19 ini dihadiri oleh 175 orang peserta dan yang melakukan vaksinasi COVID-19 sebanyak 44 orang. (Yoni Kristiono)


Posting Komentar

0 Komentar